Bebek Timbungan Resto Pelihara Kuliner Kerajaan Bali

Denpasar – Menyusul kesuksesan upaya menjaga kekayaan kuliner tradisional Bali di Secret Garden Village, PT Natura Pesona Mandiri (NPM) kembali membuka gerainya di Jalan Sunset Road Bali dengan nama Bebek Timbungan Balinese Heritage Cuisine dalam acara soft launching pada Kamis 15 November 2018.

PT. NPM tetap menjaga komitmennya dalam upaya untuk melestarikan keragaman seni budaya, adat istiadat termasuk kuliner tradisional yang ratusan tahun lalu sudah dijaga oleh nenek moyang agar generasi mendatang masih bisa turut menikmatinya.

Tampil dengan sebuah resto bernuansa alam yang memadukan konsep sajian kuliner kerajaan ratusan tahun lalu dalam bangunan back to nature yang berfungsi tah hanya untuk memanjakan cita rasa kuliner tetapi juga untuk beraktivitas dan berbisnis lewat meeting meeting dan gathering yang bias dilakukan turis MICE juga tamu lokal.

Seperti yang dikatakan oleh Ana Dewi, Vice President PT Natura Pesona Mandiri (NPM) yang menaungi Bebek Timbungan yang baru saja membuka resto keduanya di Jalan Sunset Road Dewa Ruci Bali menyusul yang pertama di Secret Garden Village Bali bahwa restonya mengakomodir semua segmen pasar termasuk segmen turis MICE. Itulah mengapa di restonya juga menyediakan fasilitas penunjang MICE, meeting room, gathering function berikut fasilitas penunjang turis MICE lainnya.

“Kami ingin merangkul semua kalangan dan semua segmen termasuk turis MICE dan tamu lokal yang ingin meeting atau gathering di sini,” ujar Ana Dewi saat menggelar soft launching Bebek Timbungan Sunset Road Bali, didampingi Wieok Susanto, Director NPM, Dicky, Senior Operational Manager dan Ida Bagua Udiana, Head of Chef Bebek Timbungan.

Untuk itu di resto dua lantai itu tersedia fasilitas meeting room yang bisa dipisah menjadi 2 dengan beberapa function room baik di lantai atas ataupun di bawah.

Uniknya, para tamu yang menggelar acara meeting, gathering atau pecinta kuliner di resto berkapasitas 215 pax ini berkesempatan juga menikmati makanan khas keluarga kerajaan di Bali yaitu Bebek Timbungan dan masakan khas Bali lainnya. “Kami ingin turut melestarikan kuliner khas Bali yang saat ini sudah hampir punah yaitu Bebek Timbungan. Tak hanya bisa menikmatinya para tamu juga bisa menikmati sensasi pengalaman pembuatan dan pengajiannya,” ujar Wieok Susanto.

Ditambahkannya juga Bebek Timbungan merupakan menu keluarga kerajaan yang dulunya hanya bisa dinikmati keluarga kerajaan saja saat ada upacara keagamaan khusus. Bebek Timbungan sebelumnya juga menjadi salah satu menu utama di The Luwus Restaurant- Secret Garden Village yang berlokasi di Jalan Raya Denpasar Bedugul, Km 36 Tabanan.

Berangkat dari sebuah keinginan untuk terus melestarikan filosofi keanekaragaman makanan khas Bali, Restoran Bebek Timbungan – Balinese Heritage Cuisine memperkenalkan menu Bebek Timbungan sebagai menu andalannya. Sajian khas dan istimewa yang dihidangkan dengan mempertahankan komposisi dan cara pengolahan sesuai dengan resep warisan leluhur.

Ditambahkan eh Chef IB Udiana, saat ini meski sudah banyak masakan Balk yang telah terkenal di kalangan turis seperti ayam betutu dan sate lilit tapi juga banyak yang belum terekspose dengan maksimal.

Pada mulanya Bebek Timbungan hanya dihidangkan pada ritual-ritual upacara adat Bali saja. Dikutip dari naskah kuno Dharma Caruban, salah satu menu Bali yang paling tradisional dalam upacara ritual adalah “Timbungan”. Timbungan sendiri berasal dari kata embung atau bumbung yang berarti bambu.

Khusus untuk tamu MICE atau yang ingin mengadakan gathering corporate serta party lainnya Dicky, mengatakan resto memang dikonsep untuk mengakomodir semua kebutuhan termasuk menyediakan ruang meeting private berkapasitas 40 orang dengan dilengkapi fasilitaa meeting seperti sound system dan lainnya.

“Kami mengakomodir semua kebutuhan kustomer termasuk meeting room beserta fasilitaa meeting, travel agent, corporate atau klien MICE lainnya

Di kesempatan yang sama Sulistyowati, Marketing Manager Secret Garden Village Bali mengungkapkan keyakinannya resto yang berkonsep back to nature, elegan dan ramah yang berwawasan menjaga kuliner tradisional Bali ini mampi memperkaya destinasi kuliner pariwisata Bali yang sudah terkenal keragaman dan kelezatannya di kalangan turis lokal mancanegara dan masyarakat sekitar Bali.

Resto ini memiliki sedikitnya 42 lebih menu unggulan ini masakan tradisinal Bali seperti Ayam betutu, Sate Bawah Pohon Jambu, Saru Segara Sup Kuning, Kepiting Saus Kemangj, Nasi Panggang Daun Lotus, Ikan Tambudab Bali Lawas Genit, Sapi Panggang Sambal Matah dan Pisang Goreng Panas Dingin.

Sulistyowati juga menambahkan bahwa selama pembukaan gerai baru ini, Restoran Bebek Timbungan – Balinese Heritage Cuisine memberikan promo spesial bagi para pengunjung berupa ‘diskon sesuai umur’ yang berlangsung hingga penghujung tahun 2018. (Anya)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*