Headlines

BRSDM Optimalkan Pengembangan dan Penguatan Kapasitas Riset Dukung Prioritas KKP

Pada bidang pascapanen dan bioteknologi kelautan perikanan, hasil riset berupa rekomendasi atau policy brief telah banyak disampaikan kepada pengambil kebijakan dalam bentuk rancangan SNI (RSNI).

“Seperti ikan fermentasi, teh rumput laut, metode uji formaldehida untuk mengetahui apakah terdapat kandungan formalin pada produk perikanan, metoda uji gel bloom, dan lainnya,” terang Kusdiantoro.

Terlaksananya pemanfaatan hasil riset, pihaknya pun berharap adrenalin para peneliti dapat semakin terpacu untuk menghasilkan riset kelautan dan perikanan yang bermanfaat dalam implementasi ekonomi biru yang mengedepankan prinsip ekologi dan penguatan aspek ekonomi.

Percepat Pemulihan Ekonomi, BPR wilayah Bali dan PT Komunal Sejahtera Indonesia Sepakat Kerjasama

Pihaknya mendorong agar riset yang dihasilkan dapat tersampaikan dan dikomunikasikan kepada lembaga terkait maupun stakeholders untuk mendorong percepatan pemanfaatan hasil riset, sehingga tidak hanya tertuang dalam publikasi ilmiah semata.

Turut diserahkan Output Hasil Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan 2021, sebanyak 6 teknologi dan 6 rekomendasi kepada Eselon I KKP, yakni  Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) dan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM). (riz) ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *