Dukung Sekolah Inklusi, Badung Siapkan 40 Guru Handal

BADUNG– Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung telah menyiapkan puluhan guru sekolah inklusi guna memberikan pembelajaran kepada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

Nantinya para guru ini juga diharapkan dapat melatih anak berkebutuhan khusus di sekolah Inklusi yang ada di Badung.

Kepala Disdikpora Badung Widia Astika mengungkapkan, sekolah Inklusi itu merupakan sekolah yang memberikan kesempatan belajar kepada anak berkebutuhan khusus atau anak yang mengalami keterbelakangan mental.

“Kami siapkan sekolah itu, nanti kalau ada anak Badung yang berkebutuhan khusus biar ada hak untuk mendapatkan pendidikan,” ucap Astika kepada wartawan belum lama ini.

Dijelaskan, Sekolah Inklusi bukanlah termasuk Sekolah Luar Biasa pada umumnya. Melainkan sekolah yang formal dan resmi.

Sekolah tersebut disiapkan untuk anak berkebutuhan khusus dari SD dan SMP. Yang telah disiapkan di masing-masing Kecamatan dengan berjumlah 1 sekolah Inklusi.

“Masing masing Kecamatan ada 1 sekolah, jadi ada 6 sekolah, SD dan SMP,” sebut Astika/

Kadisdikpora Badung Widia Astika

Sekolah Inklusi sudah dimulai disiapkan sejak tahun 2017 dan pelaksanaanya berlangsung hingga saat itu.

Pihaknya tengah menyiapkan dan melatih sebanyak 40 guru untuk mengajar nantinya di sekolah Inklusi tersebut.

Diharapkan, semua anak-anak termasuk anak berkebutuhan khusus di Badung harus  mendapatkan pelayanan pendidikan yang baik, karena hal itu merupakan bentuk perhatian khusus dari Pemerintah terkait pelayanan pendidikan.

“Sekarang kita sedang menyiapkan SDM gurunya, karena tidak semua guru bisa mengajar anak anak berkebutuhan khusus, dan kita latih, minimal SDMnya kita siapkan,” demikian Astika. (ful)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*