Kejuaraan Nasional Basket Pelajar SMA Digelar Di Bali

Denpasar – Kejuaraan bola basket pelajar SMA tingkat Nasional untuk pertama kalinya digelar di Bali. Acara tersebut digelar Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bali dan menggandeng  mitranya All Star Winners (ASW). Acara akan berlangsung mulai tanggal 22 s/d 28 Oktober mendatang di GOR Ngurah Rai, Denpasar.
Kejuaraan bola basket pelajar SMA tingkat Nasional ini memperebutkan Piala Kadispora Cup 2018. Sebanyak 18 Tim SMA Putra Putri siap berlaga di ajang ini. Peserta tidak saja dari Bali tapi juga dari luar Bali seperti SMK 1 Bina Bakti Bandung dan SMA Kesuma Mataram (putra) dan tim putri SKO Ragunan Jakarta.
Ali Santoso Wibowo pendiri ASW sport mengatakan dengan adanya kejuaraan ini diharapkan bisa meregenerasi pebasket khususnya di pulau Dewata Bali. “ASW dan Dispora Provinsi Bali ingin melihat dan mencetak Cokorda Bersaudara, Lolik, Riko Hantono baru agar nama Bali tetap disegani di perbasketan tanah air” ujarnya.
Dispora  Provinsi Bali dan ASW berkeinginan kuat agar kejuaraan ini bisa terselenggara setiap tahun. “Kepada seluruh peserta saya ucapkan selamat bertanding, silahkan kalian berkompetisi dilapangan dengan ketat namun tetap menjaga sportivitas dan persaudaraan”, ujar Ali Santoso Wibowo  yang juga mantan pebasket Bali di era tahun 80an.
Sementara itu pelatih SMA Negeri 1 Denpasar IGN Rusta Wijaya menyambut baik diadakannya Kadispora Cup 2018. Eks pebasket Pelita Jaya yang membawa timnya juara back to back DBL tersebut merasa perlunya digelar kompetisi antar pelajar secara rutin di Provinsi Bali. “Untuk Kadispora cup tahun ini, saya sebagai coach smansa memberi apresiasi diselenggarakannya turnamen bersekala nasional mungkin tahun pertama ini hanya beberapa team dari luar Bali. Semoga turnamen ini menjadi agenda tahunan yang bisa mengundang team sekolah dari luar Bali. Tim-tim dari luar biasanya mempersiapan segalanya dari jauh hari. sehingga kita yang di Bali dapat mengukur perkembangan pembinaan basket disini sudah sampai sejauh mana,” jelasnya.
Cokorda Satrya Wibawa, staf Dispora Provinsi Bali yang juga bertindak sebagai ketua panitia mengatakan, nantinya akan ada juga pertandingkan eksebisi basket antar sekolah dasar yang diikuti oleh empat SD antara lain SD Cipta Dharma, SD Saraswati 2, SD Saraswati 3, SD Bali Public School. Selain itu juga akan ada hadiah bagi suporter SMA terbaik selama ajang Kadispora 2018 berlangsung. Musim depan kami ingin menggelar mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA. “Kejuaraaan ini akan kami jadikan sebagai ajang seleksi pemain Pra Pon Bali. Mereka nantinya  adalah penerus kami di generasi selanjutnya, kata mantan atlet basket yang pernah memperkuat sejumlah club bola basket propesional tanah air, diantaranya ASPAC, BRITAMA dan SATRIA MUDA ini. (Yuda)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*