Bosan di Rumah Mulu, Ini Ide Kegiatan Produktif dan Kreatif di Masa Pandemi

Maluku Tengah- Pandemi covid-19 membatasi sebagian aktivitas masyarakat. Adanya aturan pemerintah tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat membuat sebagian waktu juga dihabiskan di rumah. Akan tetapi, bagi sebagian orang berada di rumah secara terus-menerus akan membosankan. Untuk menyiasatinya, Sondang Pratama, seorang Sutradara sekaligus Key Opinion Leader, mengatakan, untuk melakukan kegiatan produktif yang menyenangkan di rumah.

Sondang mengatakan, caranya dapat dilakukan dengan:

1. Manajemen Waktu

Sejak berada di rumah, waktu menjadi lebih longgar. Misalnya, pada waktu yang biasanya dihabiskan untuk perjalanan ke kantor tidak terpakai karena bekerja dilakukan dari rumah. Kalau digunakan untuk tidur, waktu terbuang sia-sia. Dengan itu, diperlukan manajemen waktu agar lebih teratur sekaligus juga menghargai waktu.

“Kita bisa membuat rundown atau jadwal kegiatan apa saja yang akan dikerjakan dalam satu hari. Ini mendorong kita agar dapat melakukan rutinitas yang baik,” jelasnya saat menjadi pembicara dalam Webinar Literasi Digital wilayah  Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku, Rabu (18/8/2021).

Manajemen waktu bisa dimulai dari bangun pagi, atur waktu bekerja, jam makan siang, daftar pekerjaan yang akan dilakukan dalam hari itu. Hal ini bisa membantu kita juga agar cepat dalam menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu.

2. Membaca Buku

Situasi saat ini merupakan waktu yang tepat untuk membaca buku. Aktivitas ini dapat bermanfaat untu refresh pikiran kita dan menambah wawasan juga pengetahuan

Kita juga bisa memanfaatkan akses internet untuk mengunduh e-book. Misalnya pada aplikasi Perpustakaan Nasional yang telah disediakan oleh negara, kita dapat memanfaatkannya secara gratis. 

3. Berkumpul Bersama Keluarga

Momen berada di rumah dapat dimanfaatkan untuk berinteraksi bersama keluarga. Interaksi dan kebersamaan juga membuat keluarga menjadi semakin erat dan terjaga.

Kita dapat melakukan aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama, seperti menonton televisi, berdiskusi, memasak, hingga bermain game.

4. Mengembangkan Hobi

Banyaknya waktu di rumah menghadirkan kesempatan untuk mengembangkan hobi yang sebelumnya tertunda atau jarang dilakukan. Hobi juga dapat menjadi peluang kita untuk menambah pemasukan. Misalnya, hobi membuat kue kemudian bisa menjualnya secara online.

Dengan mengembangkan hobi ini bakat kita akan semakin terasah dan tersalurkan. Aktivitas mengembangkan hobi juga dapat meningkatkan kreativitas, membentuk karakter, meningkatkan konsentrasi, dan keterampilan sosial. 

5. Olahraga Indoor

Tidak hanya kemampuan intelektual yang perlu diasah, kegiatan fisik juga perlu dilakukan di rumah. Kegiatan fisik ini dilakukan dengan berolahraga indoor di dalam rumah. Misalnya, olahraga ringan seperti senam atau sekadar streching.

“Olahraga juga bisa mengingkatkan imunitas tubuh kita. Tentu dengan diiringi berjemur selama 10-15 menit di pagi hari,” imbau Sondang.

6. Mengikuti Kelas Online

Kegiatan di rumah juga dapat menambah aktualisasi diri kita, contohnya dengan mengikuti kelas online. Hal ini tentu akan menambah wawasan dan keterampilan kita yang berguna di masa depan.  Bahkan, beberapa kelas bisa diakses secara gratis dan memberikan kita sertifikat. Kegiatan ini membuat kita tetap produktif meski hanya berada di rumah. 

Dengan kegiatan-kegiatan tersebut, berada di rumah menjadi tidak membosankan dan tidak membuang-buang waktu. Selain itu, dengan menjadi produktif kita akan menerima dampak positifnya, seperti menambah wawasan serta ilmu. 

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku, Rabu (18/8/2021) juga menghadirkan pembicara Adinda Atika (Business Development Manager Fintech P2P Lending), Gebryn Benjamin (Lead Creative Strategy Frente Indonesia), dan Husin Rahajaan (Ketua Cabang Ansor Maluku Tenggara).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*