Konferensi Terbesar Para Pemimpin Dunia di Bidang Kesehatan, Hospital Management Asia 2024, Pertama Kalinya Diadakan di Bali

0

Kabardenpasar – Konferensi terbesar para pemimpin dunia di bidang kesehatan, Hospital Management Asia (HMA) 2024 hadir di Bali pada tanggal 27-30 Agustus 2024.

Acara dua tahunan ini merupakan ajang tukar pikiran dan berbagi informasi terbaru dalam bidang layanan kesehatan.

Acara yang baru pertama kali ini diadakan di Indonesia ini dibuka oleh mitra strategis Hospital Management Asia 2024 di Indonesia, Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) yang diwakili oleh Ketua Umum, drg. Iing Ichsan Hanafi.

Pembukaan acara juga dihadiri oleh Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD., Ph.D. yang memberikan Keynote Speech serta Panel Diskusi dengan narasumber Senior Advisor to the Minister on Health Technology, Kementerian Kesehatan RI, Setiaji, S.T., M.Si, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti., dan Staf Ahli Kementerian Kesehatan RI & Board Member of the Indonesian Health Corporation, Aristo Setiawidjaja dalam tema “Indonesia’s Healthcare Transformation Journey”. 

Lebih dari 1200 peserta yang terdiri dari sebagian besar C-level dan para pengambil keputusan akan berkumpul dan berdiskui dalan tema besar Hospital Management Asia 2024, “Keeping Pace with Healthcare Challenges”.

Tema ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor seperti meningkatnya populasi lansia, kekurangan tenaga medis, kebutuhan terhadap akses kesehatan yang terus meningkat dan serta meningkatnya biaya operasional.

Transformasi digital dinilai dapat menjadi solusi menghadapi tantangan tersebut. Tentu saja, hal ini tidak terbatas pada implementasi teknologi dan solusi digital saja. Transformasi layanan kesehatan yang sesungguhnya juga memerlukan perubahan pola pikir, menyusun kerangka kerja baru, dan membangun budaya serta kerja sama yang baru. Aspek penting ini yang dibahas secara lengkap di HMA 2024.

Ketua Umum Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI), drg. Iing Ichsan Hanafi, mengatakan, “Transformasi layanan kesehatan merupakan tantangan yang harus dihadapi bersama. Kami bangga dapat bermitra dengan Hospital Management Asia 2024, dimana melalui kemitraan ini, kita tidak hanya menunjukkan kesiapan Indonesia dalam melakukan transformasi dibidang kesehatan tapi juga menjadi tuan rumah bagi acara bertaraf internasional yang menyatukan para pemimpin dunia di industri ini. Indonesia sendiri tengah bergerak maju dalam mewujudkan transformasi kesehatan. Dan kami optimis hal ini dapat menjadi sharing penting bagi seluruh pemangku kepentingan.” 

Dalam upaya menanggapi permasalahan kesehatan yang dihadapi Indonesia, dimana banyak warga memilih untuk berobat ke luar negeri, Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD., Ph.D. menegaskan komitmen pemerintah dalam menghadirkan sistem kesehatan yang lebih integratif, kuat, dan resilien. “Kami sedang meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan di rumah sakit pemerintah,” ujar Prof. Dante.

“Sebagai bagian dari upaya kami, transformasi RS Vertikal telah diinisiasi, yang mencakup perbaikan fasilitas dan proses layanan untuk mempersingkat waktu tunggu, meningkatkan kualitas layanan melalui pengembangan sumber daya manusia, peningkatan transparansi, serta revisi skema remunerasi. Kami juga terus berupaya meningkatkan standar kualitas klinis dengan mengimplementasikan Pedoman Praktik Klinis dan indikator klinis yang dimonitor secara berkala.” ujarnya. 

Wakil Menteri menekankan pentingnya digitalisasi dalam pengelolaan kesehatan, “Kami sedang menerapkan digitalisasi menyeluruh pada operasional rumah sakit, termasuk integrasi data kesehatan melalui platform SATUSEHAT yang akan mempermudah pengelolaan data pasien dan meningkatkan efisiensi layanan. Kemenkes mengajak rumah sakit untuk meningkatkan kerja sama internasional dalam bidang layanan dan penelitian, yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan.” 

“Acara seperti Hospital Management Asia 2024 memberikan peluang emas untuk mengeksplorasi solusi inovatif dan memperkuat kolaborasi serta pertukaran best practices, khususnya di rumah sakit yang dikelola oleh pemerintah, yang sangat kami perlukan untuk meningkatkan standar layanan kesehatan di Indonesia,” ujarnya.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron Mukti mengatakan, “Sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan jumlah peserta terbesar di dunia, BPJS Kesehatan senantiasa berinovasi menghadirkan akses layanan kesehatan yang kian mudah, cepat, dan setara. Untuk itu, secara berkelanjutan kami mengembangkan beragam sistem maupun kanal layanan berbasis digital, mulai dari superapss bernama Aplikasi Mobile JKN sebagai one stop service, i-Care untuk melihat riwayat pelayanan kesehatan peserta setahun terakhir, telekonsultasi, telemedicine, dan sebagainya. Acara HMA 2024 menjadi ajang yang luar biasa untuk saling berbagi pengalaman dengan negara-negara di Asia, khususnya terkait digitalisasi layanan di bidang kesehatan.”  

Member of the Managing Board Siemens Healthineers, Elisabeth Staudinger mengatakan, “Kami berharap dapat memperkuat kemitraan kami di Indonesia dan di regional untuk mendorong inovasi dan perubahan, serta bersama-sama dalam mengatasi tantangan dalam layanan kesehatan saat ini. Siemens Healthineers berkomitmen menghadirkan teknologi inovatif yang membantu para tenaga kesehatan untuk memberikan layanan berkualitas tinggi, yang memberikan hasil yang berkualitas terbaik bagi pasien.” 

Pinky Fadullon, Project Director Hospital Management Asia mengatakan, “Selama lebih dari 23 tahun, HMA2024 telah menjadi wadah para penyedia layanan kesehatan di Asia untuk saling  berbagi praktik terbaik, mempelajari tren terbaru, dan menjalin kerja sama. Pada penyelenggaraan HMA tahun ini kami telah mengurasi beragam topik presentasi dan panel diskusi untuk dapat memberikan pemahaman lebih lanjut dan menginspirasi perubahan yang lebih bermakna.” Hospital Management Asia (HMA) adalah platform tahunan regional bagi pemilik rumah sakit, C-level, direktur, dan pemimpin kesehatan untuk  berkolaborasi, dan berbagi wawasan tentang pengalaman dan solusi terbaik di bidang kesehatan yang membentuk industri ini di Asia.

Dalam tahun ke-23 penyelenggaraannya, acara ini diharapkan akan dihadiri oleh lebih dari 1.500 pemilik rumah sakit, C-level, direktur, para ahli, dan pemimpin kesehatan dari Asia Pasifik. Hospital Management Asia 2024 diselenggarakan bersama oleh Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia dan didukung oleh 15 asosiasi rumah sakit terkemuka di Asia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *