UMi Berikan Fasilitas Pembiayaan Hingga Rp10 juta

Denpasar -Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah (BLU-PIP) melakukan sosialisasi tentang program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi).

Hadir dalam sosialisasi yang dilakukan daring, Kamis 3 Februari 2022 Ary Dekky Hananto, Kepala Divisi Penyaluran Pembiayaan I, Mohd. Zeki Arifudin, Direktur Pengelolaan Aset Piutang Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah (BLU-PIP) dan Adhita Surya Permana – Kepala Divisi Sistem Informasi dan Teknologi Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah (BLU-PIP).

“Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) merupakan program tahap lanjutan dari program bantuan sosial menjadi kemandirian usaha yang menyasar usaha mikro yang berada di lapisan terbawah,” ujar Ary Dekky, salah seorang pembicara dalam pernyataan resmi BLU PIP, Kamis 3 Februari 2022.

Usaha mikro ini yang belum bisa difasilitasi perbankan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). UMi memberikan fasilitas pembiayaan maksimal Rp10 juta per nasabah dan disalurkan oleh Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB).

Pemerintah menunjuk Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Investasi Pemerintah (PIP) sebagai coordinated fund pembiayaan UMi.

Pembiayaan UMi disalurkan melalui LKBB. Saat ini lembaga yang menyalurkan pembiayaan UMi antara lain: PT Pegadaian (Persero), PT Bahana Artha Ventura, serta PT Permodalan Nasional Madani (Persero). Sumber pendanaan berasal dari APBN, kontribusi pemerintah daerah dan lembaga-lembaga keuangan, baik domestik maupun global.

Program ini dilakukan Ditjen Perbendaharaan sebagai bagian dari pemerintah untuk melanjutkan dukungan terhadap program pemulihan ekonomi nasional.

Berbagai layanan, bantuan, subsidi, dan insentif diberikan untuk mengendalikan Covid-19, menolong masyarakat memenuhi kebutuhan pokok, juga mengungkit kebangkitan sektor usaha agar menggerakkan perekonomian nasional.

pemberdayaan pelaku usaha ultra mikro oleh pip 1 pelatihan dan pendampingan branding packaging dan online marketing 2020 shopee 2002 satu grab dua bantuan pemasaran produk marketplace belanja pemerintah terus 3 pendampingan dan pelatihan pada aspek perizinan pembukuan kualitas produk kapasitas produksi dan pemasaran 4 penyediaan lokasi usaha dan pemasaran 5 penyediaan dukungan yang terintegrasi berbasis cluster

Sementara itu Zeki Arifudin mengatakan pembiayaan ultra mikro Umi ini dilengkapi pendampingan dan disalurkan dengan skema penyaluran Pola langsung penyalur ke debitur.

“Salah satu syarat penerimanya adalah pemilik KTP elektronik dan tidak sedang menerima kredit usaha rakyat (KUR) dan tujuan UMi adalah menyediakan pembiayaan yang mudah dan cepat dan menambah jumlah pelaku usaha yang menerima pembiayaan serta mendorong kemandirian pelaku usaha penerima bantuan sosial

Salah satu langkah pemerintah untuk menangani dampak pandemi adalah melalui Badan Layanan Umum (BLU).

BLU sejak awal dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan berbagai fleksibilitas, tanpa mengutamakan keuntungan.

Jumlah BLU terus meningkat hingga saat ini menyentuh angka 252. Angka ini didominasi BLU bidang kesehatan dan pendidikan yang memegang peranan penting dalam menangani pasien maupun menjaga kualitas sumber daya manusia.

Terdapat pula BLU yang mengelola pembiayaan dan menyediakan pendampingan bagi sektor usaha kecil yang terimbas oleh perlambatan ekonomi.

Sebagai agen pemerintah, BLU perlu berinovasi dengan tetap berfokus pada layanan. Upaya ini tentu bukan tanpa tantangan, apalagi di tengah perkembangan teknologi dan adaptasi dalam transisi menuju endemi.

Untukenghadapinya, diperlukan sinergi antar-BLU maupun antar-Kementerian dan Lembaga pembina BLU.(*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*