Bijaksana Sebelum Mendownload Sesuatu

Kupang NTT  -satu platform digital yang paling banyak digunakan netizen Indonesia adalah media sosial. Melalui platform sosial ini para pengguna internet untuk berpertisipasi dalam sebuah diskusi atau gerakan, berbagi, dan menciptakan konten.

Selain mudah, media sosial juga memiliki banyak manfaat. Di antaranya, sebagai sumber informasi dan hiburan para penggunanya. Segala sesuatu yang ingin diketahui informasinya atau berita terkini sekarang sudah ada di media sosial. Ia mengatakan, kita juga bisa mendapatkan informasi jarak jauh dan perkembangan di belahan dunia lain. 

“Sekarang kita ingin tahu sesuatu itu banyak didapatkan di media sosial. Info pendidikan, politik, masalah ekonomi,” ujar Putri Langi, seorang Key Opinion Leader saat mengisi Webinar Literasi Digital di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jumat (3/8/2021).

Kedua, media sosial sebagai hibuan bagi penggunanya. Hiburan di media sosial pengguna jadi bisa melihat berbagai konten yang lucu dan menarik seperti video edukasi, video hewan, dan sebagainya. Ketiga, media sosial sebagai alat interaksi, dengan ini kita bisa berinteraksi dengan orang lain yang jangkauannya jauh dari kita. Kita bisa mengetahui kegiatan dan aktivitas kerabat hanya dari media sosial. Kita juga bisa memperluas interaksi, mengenal banyak orang, membentuk organisasi online.

Keempat, sebagai sarana bisnis dan usaha secara online. Di masa pandemi ini, banyak orang yang kehilangan pekerjaan. Namun, banyak juga dari mereka yang akhirnya memanfaatkan media sosial untuk memulai usaha. Membangun usaha secara online jauh lebih murah karena tidak memerlukan sewa tempat dan sebagainya. Lanjutkan, pada manfaat kelima pengguna bisa menggunakan media sosial sebagai sarana berekspresi. Ekspresi yang disampaikan bisa melalui konten-konten yang dibuat. Konten ini juga bisa mengembangkan bakat hingga menghasilkan uang. Namun, konten harus memperhatikan aturan dan etika. 

“Lakukan sesuatu yang bisa membuat kalian lebih baik. Gunakan waktu luang untuk menggunakan media sosial dengan bijak dan sebaik mungkin,” imbaunya.

Putri mengatakan, banyak juga pengguna yang memanfaatkan media sosial untuk mengunduh sesuatu. Akan tetapi, ia mengimbau untuk selalu waspada dan bijak sebelum mengunduh sesuatu dari link yang ada di media sosial. 

Menurutnya, hal ini tidak menutup kemungkinan terjadi potensi kejahatan, seperti privasi dan data pribadi. Saat ingin mengunduh sesuatu, jangan asal memasukkan info-infi prubadi tersebut. Dalam mengunduh konten seseorang, kita juga harus meningat bahwa harus meminta izin sebagai upaya apresiasi terhadap kreator. 

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kota Kupang, NTT, Jumat (3/9/2021) juga menghadirkan pembicara, Ody Waji (CEO Waji Travest), Ilham Fariz (Digital Strategist), dan Deford Nasaleo Lakapu (Ketua Harian ESI Kota Kupang).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*