Headlines

OOC Nusa Dua Bali 2018 Oceana Dukung Peningkatan Transparansi & Kurangi Produksi Plastik

Badung – Sehari sebelum penyelengaran Our Ocean Conference (OOC) di Nusa Dua Bali, Oceana yang merupakan organisasi advokasi internasional yang berdedikasi sepenuhnya untuk konservasi laut menggelar media workshop pra OOC.

Dalam acara yang dihelar di hotel Sofitel Nusa Dua Bali Minggu 28 Oktober 2018, hadir aktor & aktivis laut, Joshua Jackson dan anggota celebrity supporter Oceana yang baru Nadine Chandrawinata untuk berdiskusi tentang isu-isu yang terjadi di lautan dan solusi terhadap krisis sampah plastik.

Selain 2 pesohor dunia dan Indonesia yang sangat peduli dengan persoalan lingkungan, media workshop ini juga dihadiri oleh Andrew Sharpless, Chief Executive Officer, Oceana dan Jacqueline Savitz, Chief Policy Officer sebagai nara sumber.

Dalam acara itu Andrew Sharpless mengatakan bahwa Oceana mendukung upaya peningkatan transparansi dan pengurangan peoduksi plastik pada OOC.

Selain itu Oceana juga telahemgkampanyrkan untuk meningkatkan transparansi dalam hal pengelolaan manajemen perikanan dan menggunakan pendekatan antar negara untuk memenangkan dan mendapat kebijakan yang dapat memulihkan dan meningkatkan kelimpahan laut.

“Indonesia telah menerapkan contoh yang penting dengan membuat data palacakan kapal (Vessel Tracking Data) agar dapat terbuka di ranah publik dan sekarang Peru telah mengikutinya. Pergerakan global transparansi dimulai dari sini, di Indonesia,” ujar Andrew Sharpless, Chief Executive Officer, Oceana.

Untuk itulah Oceana sebagai organisasi konservasi laut global menyatakan dukungan sepenuhnya upaya peningkatan transparansi perikanan dunia dan pengurangan produksi plastik pada konferensi Our Ocean di Bali, Indonesia.

Konferensi ini akan berlangsung pada 29 – 30 Oktober di Nusa dua, menghadirkan pemimpin dari seluruh dunia untuk membuat komitmen nyata dan yang dapat diterapkan untuk menjaga dan menyelamatkan lautan kita.

Sejak 2014, konferensi Our Ocean telah menghasilkan dana sebanyak $18 milliar dollar untuk konservasi dan telah melindungi lebih dari 12 juta kilometer persegi lautan.

Dalam kesempatan itu Joshua yang mendukung aktivitas Oceana menambahkan bahwa partisipasi Oceana dalam konferensi tersebut sebagai komitmen untuk menyelamatkan lautan kita dari ancaman penangkapan ikan berlebihan, penangkapan ikan ilegal, dan yang menghancurkan habitat. “Kita telah membuat polusi pada lautan kita, mengambil ikan berlebihan, dan membunuh terlalu banyak spesies berharga dan kehidupan di bawah laut, ungkap Joshua Jackson, Aktor dan Aktivis Laut.”

Diketahui dari berbagai studi si Oceana, terdapat sekitar sepertiga dari stok ikan dunia yang telah ditangkap secara berlebihan. Bajak laut modern terus menjarah lautan kita, mengancam negara-negara yang bergantung pada makanan laut sebagai sumber utama protein mereka. Metode penangkapan ikan yang merusak seperti pukat harimau (bottom trawling) terus merusak karang-karang yang sudah berumur lama dan spesies di bawahnya. Nelayan terus membuang makanan laut dan satwa liar yang secara tidak sengaja ditangkap sebagai umpan. Kehidupan laut yang penting, seperti hiu terus-menerus menurun jumlahnya akibat dari penangkapan ikan hiu yang berlebihan serta praktik pemotongan sirip ikan hiu yang brutal dan membuang tubuh ikan hiu di laut.

Dibicarakan juga oleh Jacqueline bahwa lautan kita saat ini menerima ancaman yang kita hadapi tiap harinya yaitu: plastik. Setidaknya ada 17,6 miliar pon sampah plastik memasuki lautan tiap tahunnya. Namun, Indonesia, seperti negara lainnya di dunia melihat ada ancaman yang dihadapi di lautan secara langsung.

Perusahaan yang terus-menerus menggunakan kemasan plastik menghancurkan tempat-tempat yang indah seperti Bali. “Kita telah membuang satu truk sampah plastik ke lautan setiap menitnya. Mendaur ulang dan pengunaan kembali (reuse) bukan merupakan jalan keluar dari masalah ini. Kita harus mendorong perusahaan untuk mengurangi jumlah plastik yang mereka produksi dan mencari solusi alternatif untuk mengirimkan produk mereka.” ujar Jacqueline Savitz, Chief Policy Officer, Oceana

Sementara aktris, aktivis laut, enviromentalist dan anggota celebrity supporter Oceana Nadine Chandrawinata menyampaikan bahwa upaya untuk mengatasi limbah plastik dan pencemaran lainnya sangat penting untuk ekosistem laut kita serta untuk masa depan ekonomi kita. “Karena itu, saya sangat senang Indonesia menjadi tempat untuk penyelenggaranaan konferensi Our Ocean yang ke lima di Bali,” ujar Nadine. (Anya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *