Headlines

SATU Indonesia Awards 2023, Bidik Anak Muda Inspiratif Wujudkan Kehidupan Berkelanjutan

Palu – Anak muda inspiratif yang bisa mendukung terciptanya kehidupan berkelanjutan kembali dijaring Astra melalui ajang Semangat Astra Terpadu Untuk atau SATU Indonesia Awards yang kini memasuki usia ke 14 tahun.

Kegiatan Semangat Astra Terpadu Untuk atau SATU Indonesia Awards 2023 disosialisaiskan melalui kegiatan Bincang Inspiratif bertemakan “Kontribusi Nyata Untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia” di Jodjokodi Convention Center, Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu 8 Juli 2023.

Mulai 6 Maret 2023, Astra terus menggaungkan upaya pencarian pemuda-pemudi inspiratif di berbagai penjuru tanah air yang memiliki semangat dan bermanfaat bagi sekitarnya untuk berpartisipasi dalam SATU Indonesia Awards tahun ini.

Diantaranya melalui rangkaian kegiatan Bincang Inspiratif yang diselenggarakan di beberapa kota di Indonesia yang kali ini menyapa warga Kota Palu.

“Kegiatan ini memiliki tujuan utama untuk menyosialisasikan penyelenggaraan SATU Indonesia Awards keempat belas,” tutur Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Melalui kegiatan Bincang Inspiratif di kota kedua ini, Astra ingin menjangkau dan menemukan lebih banyak lagi sosok anak muda yang memiliki kegiatan untuk mendukung terciptanya kehidupan berkelanjutan dari Pulau Sulawesi.

Lebih dari 1.000 anak muda mengikuti kegiatan Bincang Inspiratif di Ibukota Sulawesi Tengah diisi juri 14th SATU Indonesia Awards 2023.

Tim juri itu adalah Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof. Nila Moeloek, Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto, dan Founder Young On Top & Partner Kejora Capital Billy Boen, serta Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2017 Bidang Teknologi Bambang Sardi.

Semua narasumber berbagi pengalaman kepada peserta yang hadir dengan harapan agar semakin banyak pemuda-pemudi Indonesia yang terinspirasi dan tergerak untuk berkontribusi positif terhadap masyarakat di sekitarnya dalam bentuk apapun.

Salah satunya, Bambang Sardi yang juga berprofesi sebagai dosen Teknik Kimia itu menjelaskan, telah menciptakan metode fermentasi alami untuk menghasilkan minyak kelapa murni dengan menggunakan teknologi yang tidak memakan biaya besar dan sederhana karena bisa kita ciptakan alatnya.

Kata Bambang Sardi, walaupun sederhana, tetapi teknologi ini dapat memberikan hasil yang luar biasa terhadap perbaikan kualitas gizi anak-anak.

Meski awalnya upaya pendekatan di tingkat masyarakat tidak mudah, tetapi Bambang mendapat dukungan penuh dari mahasiswanya yang ikut membantu berkomunikasi dengan masyarakat setempat.

Hingga sekarang, jumlah petani yang memproduksi minyak kelapa murni di Sulawesi Tengah sudah mengalami perkembangan, baik dalam ukuran kecil untuk pemakaian sendiri maupun skala produksi untuk dijual.

“Dampak pengolahan minyak kelapa murni di segmen komersial memang belum terlalu signifikan. Namun, aspek kesehatan yang didapat menjadi nilai tambah yang jauh lebih berharga,” ungkapnya.

Selain meningkatkan kekebalan tubuh terhadap bakteri maupun virus, minyak kelapa murni mampu membantu menekan angka kasus stunting atau gizi buruk.

Untuk mendukung dan mengapresiasi perjuangan anak bangsa yang telah berkontribusi untuk masyarakat dan lingkungan sekitar, Astra memberikan dana bantuan kegiatan sebesar Rp65 juta dan pembinaan kegiatan untuk para penerima apresiasi SATU Indonesia Awards tingkat nasional tahun ini.

Pendaftaran 14th SATU Indonesia Awards 2023 masih dibuka hingga 6 Agustus 2023. Informasi lengkap dan pendaftaran dapat dilakukan melalui www.satu-indonesia.com.

Semangat Astra dalam mengapresiasi anak bangsa yang berkontribusi untuk hari ini dan masa depan Indonesia sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *