Pantai Pandawa Wujudkan Taman Laut Dengan Hamparan Terumbu Karang Hias 7 Ha

Badung – Tempat wisata pantai Pandawa, di desa Kutuh, kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung -Bali, terus berbenah dengan membangun ragam fasilitas untuk memanjakan wisatawan yang berkunjung, diantaranya adalah membuat taman terumbu karang hias seluas 7 hektar yang berlokasi di pantai sisi sebelah barat.

Manager Pengelola Obyek Wisata Pantai Pandawa I Wayan Letra mengatakan upaya mewujudkan taman laut tersebut sudah dimulai sejak tahun 2013 dan saat ini sekitar 7 hektar sudah ditanami terumbu karang hias berbagai jenis. “Tiga hektar sudah berhasil tumbuh dengan baik banyak ikan hiasnya kami mengundang wisatawan yang hobi menyelam atau snorkling, viewnya tidak kalah dengan tempat lain seperti Amed dan lainnya,” jelas Letra.

Kegiatan penanaman terumbu karang dilakukan dengan melibatkan wisatawan, kelompok masyarakat, organisasi hingga siswa dan mahasiswa dari tahun ke tahun. Kegiatan menanam terumbu karang hias tersebut umumnya menjadi bagian dari serangkaian acara wisata para karyawan organisasi atau kelompok seperti yang dilakukan Pusat Koperasi Jagadhita Kabupaten Badung Bali pada hari minggu, 10 juli 2022. Acara ulang tahun sekaligus menyambut hari koperasi ke-75 tersebut dilakukan penanaman sebanyak 200 stek terumbu karang hias.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung I Made Widiana, S.Sos., M.Si. dilokasi acara mengatakan menanam terumbu karang hias dilakukan sebagai bentuk peduli lingkungan dan mendukung program dari pengelola obyek wisata pantai Pandawa membuat taman laut.

“Kita tidak hanya mencari duit ya dalam hal ini Koperasi kita tetapi juga dalam ulang tahun kali ini momentum berbuat nyata pelestarian lingkungan,” jelas Widiana.

Dalam acara ini beragam lomba digelar seperti tarik tambang, lomba balap perahu kano dan lomba futsal. Sejumlah hadiah disiapkan panitia dari mulai sepeda hingga piala dalam kegiatan olah raga tersebut.

Widana menambahkan bahwa puncak peringatan secara nasional hari koperasi ke-75 juga rencananya akan digelar di pantai Pandawa pertengahan bulan juli ini menghadirkan ribuan peserta dengan menggunakan sedikitnya 150 bus.

Sementara bibit karang hias yang ditanam di pantai Pandawa diantaranya disiapkan oleh Kelompok Pembudidaya Karang Hias Nusantara (KPKHN) pelaku perdagangan Karang Hias hasil Budidaya yang diketuai Agus Joko Supriyatno. “Ini merupakan bentuk konsistensi dari KPKHN untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan dan juga sudah menjadi kewajiban pelaku usaha eksportir koral sesuai ketentuan pemerintah utk mengembalikan ke Alam(restocking) 10%, nah inilah bentuk dukungan kita menyiapkan bibit karang hiasnya,” kata joko.

Sekertaris desa Kutuh I Nyoman Camang menyambut antusias segala macam kegiatan yang dilakukan di pantai Pandawa termasuk penanaman terumbu karang hias budidaya. Terumbu karang hias memiliki nila ekonomis tinggi dan keberadaannya di pantai Pandawa telah mampu mengangkat perekonomian masyarakat desa Kutuh. Apalagi dimasa pandemi Covid-19 wisatawan yang berkunjung ke pantai Pandawa merosot tajam bahkan sempat ditutup.

“Keberadaan terumbu karang hias ini telah membuka lapangan kerja juga bernilai ekonomis tinggi dan terutama bisa menjadi wahana penunjang pariwisata di pantai Pandawa yang berkelanjutan, tutup Camang. (Abi)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*