Catat! Ini Skill yang Mesti Dimiliki Untuk Jadi Masyarakat Digital

Ternate Maluku  -Pandemi Covid-19 membawa banyak perubahan dalam banyak hal. Selama pandemi berlangsung, semua interaksi nyaris beralih ke digital atau dengan teknologi.

Oleh karena itu, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital, Wilayah Ternate, Maluku, Josephine Vannia Brightnessa, Marketing Manager Digital App, mengatakan bahwa transformasi digital jadi suatu yang tidak terhindarkan. 

“Transformasi digital bukan lagi menjadi pilihan melainkan suatu kewajiban,” kata Josephine, Selasa, (7/9/2021). 

Ia melanjutkan bahwa sangat penting bagi setiap lapisan untuk berdaptasi menjadi masyarakat digital. Menurutnya, dengan beradaptasi masyarakat bisa tetap menjalankan dan mengoordinasikan kegiatan mereka. 

“Ya kalau kita lihat, masyarakat digital itu yang identik dengan corak berinteraksi menggunakan teknologi digital, atau juga dikenal dengan society network,” kata dia. 

Lebih lanjut, Josephine mengatakna bahwa untuk menjadi masyarakat digital yang cakap perlu untuk bisa mempelajari sejumlah kemampuan. Ia mengatakan bahwa yang pertama mesti dimiliki ialah dengan memperbaiki metode komunikasi secara online dengan orang lain/ 

“Kemudian juga selalu baca buku, baik secara konvensional dan juga digital dan atau blog. Lalu bisa juga penting untuk menonton YouTube,” kata perempuan yang akrab disapa Jojo. 

Selain, itu Jojo juga mengatakan bahwa skil lain yang mesti dimiliki ialah membangun jaringan lewat media sosial. Dengan begitu bisa membuka peluang berkembang jadi lebih tinggi. 

“Selanjutnya juga bisa mengambil kursus online secara gratis. Jadi selama pandemi kita bisa ningkatin skill dengan mengikuti kursus online yang tersedia,” kata dia. 

Terakhir, ia mengatakan bahwa penting juga untuk selalu mengikuti tren dan isu terkini. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk beradaptasi. 

Dalam kesempatan yang sama juga hadir, Chyntia Andarinie, Founder Mom Influencer Indonesia, Attar Abubakar, Event Manager Napoleon Production, dan Ainun Auliah sebagai Key Opinion Leader. 

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*