Pangdam Udayana Kunjungi Sejumlah Tokoh Puri di Bali

DENPASAR -Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto bertemu dengan para tokoh puri  di Pulau Bali Kamis (15/3/2018).

Puri di Bali pada umumnya dipimpin seorang keturunan Raja yang dipilih oleh lembaga kekerabatan Puri, biasa disebut dengan Pengelingsir atau pemucuk Puri.

Pengelingsir Puri mempunyai peran tinggi sebagai panutan dalam berbagai aktivitas adat dan ritual agama dalam kehidupan masyarakat Bali.

Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, mengunjungi Puri-Puri yang ada di Balisetelah sebelumnya mengunjungi Satuan Jajaran Kodam IX/Udayana dan para pejabat Pemerintah Daerah yang ada di Provinsi Bali, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Pada kesempatan kali ini Pangdam mengunjungi 3 Puri di Bali, pertama Puri Kesiman diterima Pengelingsir Puri Kesiman Anak Agung Ngurah Kusuma Wardana dan beberapa kerabat Puri lainnya.

Pengelingsir Puri juga menyampaikan keberadaan dan peran Puri kesiman dalam memberikan pengayoman kepada masyarakat, pelestarian budaya, kerukunan antar umat beragama, adat istiadat dan aktivitas kehidupan beragama.

Pangdam menyampaikan terimakasih atas kesediaan Pengelingsir Puri dan Keluarga Besar Puri Kesiman  seraya menyampaikan tujuang kunjungan ini untuk bersilaturahmi/mesimakrama serta memperkenalkan diri sebagai penjabat baru Panglima Kodam IX/Udayana.

Pejabat Kodam yang hadir mendampingi Pangdam di Puri Kesiman antara lain Aster Kasdam IX/Udayana, Kapendam IX/Udayana, Kabintaldam IX/Udayana, Waasintel, Kasrem 163/Wira satya, Dandim 1611/Badung dan Kasmin.

Dari Puri Kesiman, Pangdam dan rombongan melanjutkan kunjungan ke Puri Peliatan Ubud disambut Pengelingsir Puri Peliatan Cokorda Gede Putra Nindya, beserta Dandim 1616/Gianyar, Danramil Ubud, Kapolsek Ubud dan Ketua PPM Kabupaten Gianyar.

Sesuai tradisi penghormatan dan foto bersama di depan patung Garuda yang ada di areal Puri Peliatan, kemudian menuju Jaba Tengah dan Pengelingsir Puri menjelaskan tentang makna dan fungsi bangunan yang ada di Jaba Tengah.

Selanjutnya Pangdam diterima di Gedong Utama, Pengelingsir Puri mengucapkan terimakasih atas kunjungan Pangdam dan memperkenalkan kerabat Puri yang hadir menyambut kehadiran Pangdam. Pengelingsir Puri juga menyampaikan tentang sejarah Puri Peliatan.

Susianto juga menyampaikan ucapan terimakasih atas kesediaan Pengelingsir Puri dan Keluarga Besar Puri Peliatan, menerima kunjungan Pangdam beserta rombongan. Kurang lebih satu jam Pangdam berbincang hangat penuh kekeluargaan dengan Keluarga Besar Puri Peliatan dan selanjuytnya Pangdam pamit meninggalkan Puri Peliatan menuju Puri Denbencingah Klungkung.

Selanjutnya rombongan tiba di Puri Denbencingah Klungkung disambut langsung oleh Pengelingsir Puri Ida Pengelingsir Agung Putra Sukahet, beserta Dandim 1610/Klungkung, Ketua PPM Klungkung dan tokoh lainnya.

Pada kesempatan tersebut Pengelingsir Puri mengucapkan selamat datang dan menyampaikan tentang asal usul Puri Denbencingah dan nilai nilai dasar kebhinekaan Puri Denbencingah.a

Dalam sambutannya,  Mayjen Susianto menyampaikan ucapan terimakasih dan merasa sangat terhormat dapat berkumpul bersama-sama dengan para tokoh lintas agama yang ada di Provinsi Bali.

Dikatakan, tujuan berkunjung ke Puri Denbencingah adalah untuk bersilaturahmi/mesima krama dengan para tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakan yang ada di Bali.

Kedepan Pangdam menyampaikan akan mengundang para Pengelingsir Puri dan tokoh lintas agama pada kegiatan Apel Dansat yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, karena dengan kehadiran para Pengelingsir Puri dan tokoh lintas agama para Dansat akan mendapar spirit dalam memimpin. Demikian ujar Pangdam.

Acara kunjungan berjalan penuh keakraban dan diakhiri dengan penyarahan cindramata dari FKUB kepada Pangdam IX/Udayana dan selanjutnya Pangdam beserta rombongan meninggalkan Puri Denbencingah. (zal)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*