Headlines

Studium Generale UT “Peran UMKM dalam Menghadapi Persaingan Global Pasca Pandemi”

Kabardenpasar -Pandemic Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar kepada UMKM di Indonesia. UMKM memiliki kontribusi besar terhadap PDB nasional, sehingga UMKM mampu memberikan sumbangsih dalam pergerakan ekonomi negara.

Salah satu upaya mempertahankan UMKM dalam menghadapi persaingan global pasca pandemic adalah pemanfaatan teknologi informasi digital.

Universitas Terbuka (UT) sebagai institusi pendidikan sekaligus pelopor Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ), turut berkontribusi dalam mendorong sektor perekonomian Indonesia melalui kajian ilmiah, memotivasi para pelaku usaha UMKM,  dan membangkitkan potensi masyarakat umum, khususnya mahasiswa UT. Oleh karena itu, UT dalam hal ini Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) UT bersama Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Pemerintah Provinsi Bali, dan UT Denpasar menyelenggarakan kegiatan Studium Generale III secara hybrid di Wiswa Sabha, Denpasar, pada tanggal 27 November 2022.

“Peran UMKM dalam Menghadapi Persaingan Global Pasca Pandemi”, merupakan tema yang diangkat oleh FHISIP-UT untuk membangkitkan kreatifitas UMKM serta meningkatkan potensi UMKM dalam bersaing di era globalisasi pasca pandemic.

Studium Generale III menghadirkan Dr. Ir. I Wayan Koster, M.M sebagai kepala daerah Provinsi Bali yang sangat mendukung UMKM Provinsi Bali, I Gusti Ngurah Anom/Ajik Krisna pengusaha sekaligus pemilik Krisna Oleh-Oleh Bali. Tak luput juga, kita akan menyimak sambutan dan apreasiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada acara Studium Generale III secara online.

Acara ini akan dibuka secara langsung oleh Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. Ketua MPR RI, H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A. menjadi key note speaker dalam acara ini. Kita ketahui bersama beliau adalah dosen Prodi Ilmu Administrasi Bisnis FHISIP UT.

Kedepan, FHISIP Universitas Terbuka akan terus melakukan program Studium Generale untuk memberikan pengtahuan dan inspirasi kepada peserta dalam rangka peningkatan perwujudan tri-dharma perguruan tinggi. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *