Sukses di Denpasar, Fin.E Gelar Literasi Keuangan Dua Sekolah di Buleleng

Program Literasi Keuangan Fin.E digelar di SMAN dan SMKN Bali Mandara, Buleleng pada Jumat 5 Agustus lalu./Dok. Fin.E

Denpasar – Financial Evolution atau Fin.E kembali melanjutkan program leterasi keuangan secara gratis menyasar sekolah setelah sukses di 10 sekolah di Denpasar kini mendatangi dua skeolah yakni SMAN dan SMKN Bali Mandara di Kabupaten Buleleng Bali.

Financial Evolution sebagai Start Up Ed Tech, memiliki visi memberikan program literasi keuangan secara gratis hingga ke pelosok daerah.

Diketahui, Financial Evolution (Fin.E) merupakan Start – Up edukasi dan konsultasi keuangan pertama di Bali yang bernaung di bawah PT. Kuwera Bali Semesta.

Dirintis Cahaya Paramananda, CFP, CSA, sejak tahun 2019, perusahaan Start-Up ini sudah berpengalaman 11 tahun di bidang finansial serta memiliki tim yang bersertifikat,

Kehadiran Fin.E untuk memberikan literasi keuangan dimana hal tersebut wajib dimiliki oleh setiap pihak saat ini dan dimasa mendatang mulai dari kalangan pendidikan, professional, hingga koorperasi.

“Program yang kami berikan adalah Promoting Financial Literacy for Beginner Level,” sebut Cahaya Paramananda dalam rilis diterima Kabardenpasar.com, Senin (8/8/2022).

Tim Fin.E sebelumnya telah menyelenggarakan program pada 10 sekolah di Denpasar namun dalam kesempatan kali ini menjajaki ke pelosok daerah.

Adapun sekolah luar Denpasar yang menerima program Fin.E ini adalah SMA dan SMK Bali Mandara, dimana sekolah ini memperoleh pendanaan dari pemerintah sehingga siswa disana memperoleh pendidikan secara gratis pada Jumat 5 Agustus lalu .

Semua siswa yang belajar di sekolah ini berasal dari kalangan menengah ke bawah dan berprestasi sehingga program pemerintah memberikan beasiswa tepat sasaran.

Namun, pada tahun ajaran ini program beasiswa kepada seluruh siswa dicabut oleh pemerintah sehingga pembiayaan kembali ditanggung oleh masing – masing siswa.

Untuk itu setelah melihat situasi tersebut, tim Fin.E berinisiatif tetap memberikan program literasi keuangan gratis
kepada seluruh siswa SMA dan SMK Bali Mandara.

“Kami juga memiliki harapan agar program kami bisa memfasilitasi seluruh siswa di pelosok secara gratis,” tutur Cahaya Paramananda.

Langkah ini didasarkan pada pemikiran bahwa SDM di daerah harus memiliki kesempatan yang sama dengan masyarakat di pusat kota.

Guna mewujudkan hal tersebut dibutuhkan uluran tangan dari pemerintah ataupun pihak terkait guna bersama membangun masa depan

Cahaya Paramananda kembali menegaskan, tujuan dari program ini adalah memberikan informasi dan pemahaman mengenai pentingnya literasi keuangan pada semua kalangan, meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab akan pentingnya mengelola keuangan dengan baik, dan memberikan kesempatan para peserta untuk dapat meningkatkan skill financial.

“Kita ketahui di negara maju konsep ini sudah diimplementasikan kepada masyarakatnya sejak dini sehingga mereka memiliki pemahaman asset pun bisa ikut bekerja Para peserta berharap kegiatan ini bisa dilanjutkan untuk memperoleh literasi keuangan yang lebih mendalam,” imbuhnya.

Pihaknya berharap dengan adanya acara ini bersama kita dapat membangun dan memperkuat pemahaman mengenai literasi keuangan dan investasi sedini mungkin guna mendukung pemulihan ekonomi Indonesia di masa yang akan datang.

Gusti Bagus Weda Sanjaya, guru dan wakil kepala sekolah SMAN Bali Mandara, sangat mengapresiasi program Fin.E dalan melakukan edukasi kepada para siswa tentang financial planning.

“Hal ini sejalan dengan program yang kami canangkan di sekolah, yaitu pengelola keuangan bagian , kami mengapresiasi dan berharap program ini bisa dilaksanakan di sekolah lainnyam sehingga generasi muda kita semakin melek terhadap literasi financial,” tandas Gusti Bagus Weda Sanjaya.***

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*