Headlines

QRIS Tuntas, Fitur Layanan Lebih Luas Bisa Transaksi Tarik Tunai dan Transfer

Kabardenpasar – Sistem QRIS dari sejak diluncurkan Bank Indonesia (BI) pada 19 Agustus 2019, bertepatan HUT RI  ke-74 terus berkembang hingga sekarang bisa digunakan di luar negeri (QRIS antar negara).

Sistem QRIS juga telah diperluas fitur layanannya menjadi QRIS untuk transaksi tarik tunai, transfer, dan setor tunai atau QRIS Tuntas. Hal ini dikatakan Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Fitria Irmi Triswati, saat mensosialisasikan QRIS TUNTAS yang dihadiri para jurnalis nasional dan lokal di Seminyak Kuta Bali pada Jumat, 8 Desember 2023.

“Bank Indonesia terus mengembangkan system keuangan digital untuk ekonomi berkelanjutan yang menjangkau sampai pelosok nusantara dengan meimplementasikan cetak biru system pembayaran Indonesia pada tahun 2025.

Hal ini menjadi komitemen Bank Indonesia untuk mengembangkan QRIS sebagai system standar keuangan digital bersinergi dengan berbagai pihak terkait, dan pemangku kepentingan QRIS TUNTAS.  Salah satu inovasi memperluas QRIS yakni dilengkapi fitur baru mempermudah transaksi berbiaya murah yakni QRIS TUNTAS “ jelas Fitria.

QRIS TUNTAS sebuah Inovasi QRIS untuk memfasilitasi masyarakat penggunanya dalam beraktivitas ekonomi seperti UMKM dan lapisan masyarakat, termasuk masyarakat kecil daerah Tertinggal, Terpencil dan Terdepan ( 3 T ), kata Fitria.

Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) TUNTAS diluncurkan BI bertepatan dengan HUT ke 78 RI Agutus 2023 lalu untuk memperluas dan mempermudah system pembayaran Digital sampai kepelosok Nusarantara. QRIS Tuntas adalah sebuah fitur baru melengkapi QRIS yang telah diluncurkan sebelumnya.

Fitur QRIS TUNTAS memiliki Tiga keunggulan dalam penggunaannya yakni pemrosesan tarik tunai, transfer dan setor tunai seperti menggunakan kartu ATM namun hanya gunakan QRIS TUNTAS . Deputi Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Arya Rangga Yogasati menjelaskan, perluasan fitur QRIS TUNTAS agar bisa terjangkau layanan perbankan dengan system layanan keuangan Digital, “Kendati ekosistem berubah, masyarakat dan pelaku ekonomi di pedesaan sebagian besar belum terakses pembayaran digital, dan QRIS TUNTAS hadir memfasilitasi sampai transfer terkoneksi transaksi antar negara. Fitur QRIS TUNTAS bisa memanfaatkan kartu ATM Bank atau penyedia layanan non-bank E Wallet seperti Gopay dan aplikasi bisa tarik tunai di ATM dan tarik tunai bisa dilaksanakan di agen QRIS TUNTAS.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *