Headlines

5 Teknik Digital Marketing, Pelaku UMKM Wajib Tahu untuk Tambah Profit!

Sumba Barat daya – Sejumlah pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mengeluhkan pendapatan yang menurun di tengah pandemi Covid-19, akibat dibatasinya perjalanan dan mobilisasi masyarakat. Terkait hal ini, Nur Rahma, Ketua Program Studi Teknik Elektro, Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia (STTI) Yenita memberi solusi bagi pelaku UMKM, yakni memanfaatkan platform digital untuk jualan dan beriklan.

“Digital skill penting sekali buat pelaku UMKM, karena pemanfaatan teknologi dapat meningkatkan produktivitas secara efisien. Sekarang jualan bisa dengan mudah lewat marketplace, mulai dari Tokopedia, Shopee, atau BukaLapak,” tutur Nur Rahma, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Ia menyebut bagi pelaku UMKM, ada lima teknik digital marketing yang bisa digunakan untuk mempromosikan barang dan jasa.

Pertama, adalah membuat situs atau website untuk produk jualan. Website sangat berperan dala menunjukkan profesionalisme, membantu konsumen mencari informasi seputar produk, serta cara promosi yang mudah dan hemat.

Kedua, menggunakan search engine marketing. Ini merupakan cara untuk membuat website hingga toko online Anda mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google. Ketiga, social media marketing. Menggunakan social media untuk beriklan bisa dilakukan dengan memajang foto produk di laman medsos toko atau menggunakan influencer.

“Ini yang biasa kita kenal sebagai endorse ya. Jadi selebgram kita bayar untuk mengiklankan produk kita di medsos mereka,” paparnya.

Selanjutnya adalah online advertising. Media promosi internet ini menggunakan jasa pihak ketiga sehingga harus mengeluarkan modal. Namun manfaatnya, iklan produk Anda bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli.

Terakhir adalah email marketing. Seperti namanya, email marketing menggunakan sistem promosi yang ditujukan langsung ke email calon pembeli. 

Dalam webinar kali ini hadir juga Nannette Jacobus Relawan Kemanusiaan & Content Creator, Maria Mardyana Selvia, S.Kom / Pegiat Literasi & Juara Sing Like Mama Eps. 3, serta Fisca Alycia selaku key opinion leader.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *