Headlines

KAGAMA Bali Gelar Pelatihan Budidaya dan Olahan Jamur

Kabardenpasar – Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) Cabang Denpasar, Bali menggelar pelatihan budidaya dan olahan jamur bekerjasama dengan Kampung Berseri Astra (KBA) Tegeh Sari di Kebun Berdaya Kampung Hijau di Kelurahan Tonja, Denpasar, Sabtu 8 April 2023.

Kegiatan tersebut melanjutkan program ketahanan pangan yang sudah dimulai sejak masa pandemi.

“Meski pun pandemi sudah mereda kami tetap mendorong pemanfaatan lahan kosong untuk kegiatan produktif di bidang pertanian,” kata Ketua Pengcab Kagama Denpasar Dedy Kusuma.

Hal itu diharapkan akan membantu pemenuhan gizi keluarga sehingga dapat mencegah terjadinya stunting. Bukan tidak mungkin pula, kata dia, budi daya jamur dapat dikembangkan sebagai tambahan penghasilan.

Kegiatan tersebut diikuti oleh ibu-ibu PKK dan kader Posyandu. Mereka diberikan materi budi daya jamur oleh pebisnis jamur Kadek Saputra.

Sementara mengenai cara mengolah yang bisa meningkatkan gizi keluarga diberikan oleh Erna Tan dari Komunitas Eat Lovers.

Kadek Saputra memberikan materi serta mengajak peserta untuk melakukan praktek langsung dari membuat media tanam dari campuran serbuk gergaji, dedak dan kapur.

Namun, budidaya bisa juga dilakukan dengan membeli media tanam yang sudah jadi beserta bibitnya dan tinggal menyediakan tempat yang harus memenuhi syarat kelembaban dan tak boleh terkena sinar matahari.

Dengan cara itu, untuk satu media tanam seharga Rp 3.500 dapat dilakukan 4-5 kali panen yang bila dijual bisa menghasilkan sekitar Rp 60.000,-. “Jadi ini bisa usaha yang menguntungkan untuk pekerjaan yang bisa dilakukan secara sambilan saja,” katanya.

Menanggapi acara itu,  Kepala Kelurahan Tonja Made Sunarta berharap agar tak hanya digelar sekali saja. “Ini sangat menarik. Apalagi ada pekerjaan yang bisa dilakukan ibu-ibu tanpa meninggalkan rumah. Tapi harus didampingi sampai berhasil,” katanya.

“Saya sempat merekomendasikan beberapa warga bekerja di mal. Tapi banyak yang merasa terlalu berat karena jam kerjanya panjang dan harus dalam ruangan,” ungkapnya seraya menyampaikan terima kasih kepada Kagama Denpasar. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *