Headlines

SDN Lambangan Kulon dan Sendangmulyo Wakili Bulu di Pesta Siaga Tingkat Kwarcab Rembang

Rembang – Setelah mengalahkan beberapa perwakilan Sekolah Dasar dalam Pesta Siaga Kwartir Ranting Bulu Kabupaten Rembang akhirnya barung putra SDN Lambangan Kulon dan barung putri dari SDN 2 Sendangharjo melaju ke tingkat Pesta Siaga Kwarcab Rembang.

Perwakilan dari kedua sekolah itu, turut ambil bagian dalam Pesta Siaga Kwartir Ranting Bulu yang dihelat di Wana Wisata Kartini, Mantingan pada Selasa 21 Fabruari 2023

Kegiatan tahunan gerakan Pramuka ini berlangsung semarak dan sukses diikuti ratusan anggota Pramuka dari masing-masing sekolah dasar se-Kecamatan Bulu.

Tidak hanya pejabat, tokoh masyarakat setempat juga para orang tua turut menyaksikan dan memberi semangat anak-anaknya saat mengikuti berbagai kegiatan yang dilombakan dalam Pesta Siaga tersebut.

Pembina Upacara Bunda Mabiran Kakak Nunuk Pujiarti yang juga istri Kepala Mabiran atau Pengurus Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) yang juga Camat Bulu Mohammad Sholeh, membuka acara.

Nunuk Pujiati menyatakan, Pesta Siaga merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar mulai tingkat kordinator desa, kwartir ranting, kwartir cabang, korwil (beberapa kwartir cabang yang berdekatan).

“Pesta Siaga merupakan sarana pembelajaran bagi anggota siaga sekaligus sarana berlatih mandiri bagi anggota Pramuka dalam melakukan berbagai kehidupan baik di keluarga maupun masyarakat,” ucap Nunuk Pujiarti dalam amanatnya.

Melalui forum Pesta Siaga Kwaran Bulu ini, Nunuk Pujiarti berpesan agar anak-anak anggota siaga terus menjaga kebersamaan, kekompokan dan persaudaraan.

“Sehingga nantinya terwujud sebuah keserasian dan kerukunan diantara mereka,” imbuhnya.

Pada Pesta Siaga ini, anak-anak boleh bersaing secara sehat, menggapai prestasi namun diingatkan tetap menjaga dan mengedepankan silaturahmi.

Nunuk Pujiati kepada para peserta Pesta Siaga, di tengah tantangan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi dewasa ini, jangan sampai melunturkan nilai-nilai budaya dan daerah.

Jangan sampai globalisasi dan modernisasi ini kemudian mengaburkan hilangnya jiwa nasionalisme dan wawasan kebangsaan bagi anak-anak generasi muda dan anak-anak di Tanah Air.

Pada bagian akhir, Nunuk Pujiati menyampaikan selamat berkompetisi di Pesta Siaga dengan menjunjung sportifitas meraih hasil terbaik dalam menuju ke tingkat Pesta Siaga selanjutnya ke Kwarcab Rembang.

Seraya membuka secara resmi Pesta Siaga, Nunuk Pujiati menitipkan pesan agar anggota Pramuka Siaga, bisa lebih memiliki karakter disiplin, berani, mandiri dan menjadi teladan bagi teman-teman sebaya.

Setelah dilakukan penjurian yang cukup obyektif oleh Tim Yuri Pesta Siaga Kwaran Bulu, dinyatakan peserta Pramuka Siaga dari SDN Lambangan Wetan dan SDN Ngiri terpilih untuk memewakili Kwartir Bulu berlaga pada Pesta Siaga Kwarcab Rembang yang akan digelar pada 11 Maret 2023.

Ketua Panitia Pesta Siaga Kwartir Ranting Bulu Safikin, SPd. SD menyampaikan rasa syukur penyelenggaraan Pesta Siaga bisa berjalan lancar tanpa hambatan berarti.

Meskipun sebelumnya, tempat Pemandian Mantingan yang menjadi pusat kegiatan diguyur hujan, saat acara berlangsung cuaca sangat mendukung sehingga anak-anak Pramuka Siaga bisa mengikuti semua rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir acara.

Yang tak kalah membanggakan kata Safikin, kehadiran para orang tua dan guru-guru SD se Kecamatan Bulu yang hadir jauh-jauh ke Mantingan untuk menyaksikan anak-anaknya berlomba di Pesta Siaga Kwartir Bulu.

“Kami juga menyampaikan terima kasih apresiasi tak terhingga kepada semua pihak dan teman-teman panitia atas segala bentuk dukungannya dan pengurbanannya sehingga Pesta Siaga Kwartir Bulu berjalan lancar,” tutur Safikin yang Kepala SDN Mantingan didampingi Ketua Seksi Kegiatan Rini Endang Isyuliati, SPd.SD. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *