Headlines

Ingin Mulai Investasi Emas Online, Pertimbangkan Dulu Untung Ruginya

Kota Ambon Maluku  -Selain sebagai perhiasan, emas telah lama dikenal sebagai investasi yang menjanjikan. Bukan hanya itu emas juga merupakan aset yang berharga yang bisa dipergunakan pada saat darurat.

Belakangan seiring dengan perkembangan teknologi, mulai banyak platform yang menawarkan investasi online emas. 

“Sekarang ini selain kamu bisa investasi emas fisik, kamu  juga bisa membeli dan menyimpan emas yang kamu beli secara online di berbagai platform aplikasi yang tersedia,” ujar Pramugari Saudi Airlines, Digital Content Creator, Forex Trader, Nurul Amalia , dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital wilayah Kota Ambon, Maluku, Senin, (30/8/2021). 

Tentunya ini menjadi daya tarik sendiri bagi mereka yang ingin investasi online. Tapi, Nurul mengingatkan untuk mengetahui dulu untung dan rugi sebelum memulai investasi emas secara online. 

“Pertama itu mudah dan praktis, semua bisa dibeli secara online, jadi lebih mudah dan praktis untuk didapatkan,” kata Nurul Amalia. 

Kemudian, investasi emas online juga bisa ditransfer jika dibutuhkan. Nurul juga mengatakan  bahwa investasi emas online juga modalnya minim. 

“Keempat itu mudah dipantau, kamu bisa melihat perkembangan emas secara real time termasuk menjual pada saat itu juga,” kata Nurul. 

Sehingga bisa cek sewaktu-waktu, sekarang sangat mudah. Selain itu, di beberapa platfrom digital juga memberikan tampilan secara real time, ketika saat merasa diuntungkan. 

“Kemudian tersedianya emas fisik, jadi bisa menukar emas online menjadi emas fisik, pertama harus request dulu, baru kemudian ditukarkan ke emas fisik,” kata dia. 

Keuntungan lainnya, ialah bebas biaya admin. Sehingga uang yang ada bisa dimaksimalkan untuk bisa membeli emas. Tapi, Nurul mengingatkan bahwa setiap investasi tetap mempunya kerugian atau risiko. Salah satunya ialah masih belum menjangkau masyarakat luas. 

“Karena investasi emas online ini memerlukan teknologi digital, dan smartphone, dan sistem ini belum menjangkau lapisan masyarakat yang belum paham teknologi, dan masyarakat yang berada di desa terpencil dan terpelosok itu juga susah,” kata dia.

Risiko lainnya ialah rentan terkena pembobola atau penipuan. Sehingga lanjut Nurul penting untuk mengetahui sistem keamanan sebelum investasi emas secara online. 

Dalam kesempatan yang sama Founder of SuperStar Community Indonesia (Digital Entrepreneur Community), Fendi, yang memaparkan bisnis melalui internet. Dari situ, dalam kurang lebih delapan bulan ia berhasil mengumpulkan keuntungan Rp 1 miliar. 

Bukan hanya mereka berdua, juga hadir Ketua PKC PMII Maluku, Inda Ulfa Mansyur, dan juga key opinion leader, Ichsan Colly. 

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *