Headlines

Ratusan Pegiat Kakao dan Cokelat dari 16 Negara Hadiri The 8th Indonesian International Cocoa Conference & Dinner 2023

Kabardenpasar – Sebanyak 400 penggiat Kakao dan cokelat dari 16 negara hadir pada pembukaan, the 8th Indonesian International Cocoa Conference & Dinner 2023 di Nusa Dua Bali, Kamis 14 September 2023.

Konferensi diramaikan oleh pameran cokelat craft & artisan Indonesia yang menghadirkan produk cokelat khas Indonesia yang berasal dari biji kakao yang ditanam dari seluruh penjuru nusantara.

Kegiatan ini akan berlangsung dua hari atau hingga 15 September 2023. Tema kali ini, “Paradigm Shifting: Global Cocoa & Chain through Innovation, Growth, and Sustainability”.

Asosiasi Kakao Indonesia (ASKINDO) sebagai asosiasi yang menaungi berbagai pemangku kepentingan di sektor kakao & cokelat kembali menggelar acara setelah sempat tertunda akibat pandemi COVID-19.

Sektor kakao dan cokelat di Indonesia telah menunjukan ketangguhan dalam proses pemulihan dari berbagai tantangan dan gangguan yang disebabkan oleh pandemi COVID-19. Bahkan sektor kakao & cokelat merupakan salah satu sektor utama yang berkontribusi penting terhadap pertumbuhan industri makanan dan minuman secara global.

Meski demikian, sektor kakao di Indonesia terus menghadapi tantangan terutama penurunan produksi kakao di tengah meningkatnyapermintaan pasar akan produk kakao dan cokelat yang berkelanjutan. Tentunya, kondisi ini memerlukan komitmen bersama para pemangku kepentingan untuk bekerjasama dalam meningkatkan produktivitas kakao dan kesejahteraan petani. Tanpa ada petani kakao, tidak akan ada produk cokelat yang kita cintai. 

“Sebuah kebanggan bagi ASKINDO dapat kembali menghadirkan pegiat dan insan kakao dari seluruh penjuru dunia dalam konferensi pada tahun ini. Hal tersebut menunjukan semangat dari pelaku sektor kakao dan cokelat untuk terus meningkatkan kolaborasi dan sinergi dalam memajukan industri yang kita cintai ini. Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan yang sangat luar biasa dari Pemerintah, Organisasi Internasional, dan para pelaku usaha di sektor industri kakao dan cokelat sehingga konferensi pada tahun ini dapat berjalan dengan baik,” ucap Arief Susanto, Ketua Umum DPP ASKINDO.

Serangkaian konferensi, the 8th Indonesian International Cocoa Conference and Dinner 2023 dihadirkan pameran

The 8th Indonesian International Cocoa Conference and Dinner 2023° dibuka secara resmi oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita dan ditutup pada sesi puncak Gala Dinner oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Adapun acara konferensi pada tahun ini didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan.

ASKINDO menggelar acara ini setelah sempat tertunda beberapa kali akibat pandemi Covid-19.

Asosiasi Kakao Indonesia (ASKINDO) merupakan sebuah wadah multi-stakeholder untuk seluruh pegiat dan pelaku usaha dalam rantai pasok sektor kakao & cokelat termasuk komunitas petani, pedangang kakao, industri pengolahan, dan komunitas craft & artisan cokelat. Adapun tujuan ASKINDO adalah untuk mempromosikan sektor kakao & cokelat dan mendorong kemajuan serta kesejahteraan bagi seluruh pegiat kakao & cokelat di Indonesia.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *