Esensi Puisi hingga Jurnalisme Sastra Dibedah di Satellite Events

Satellite Events UWRF21 dimulai sesi Stories Within Stories with Ruth Ozeki yang diselenggarakan pada Selasa, (19/10/2021) pukul 20:00-21:00 WITA.

Ubud – Ajang Even Satellite Events yang merupakan bagian atau tindaklanjut dari Ubud Writers & Readers Festival 2021 (UWRF21) bakal mengupas tentang esensi puisi hingga jurnalisme sastra akan menjadi isu menarik di

Yayasan Mudra Swari Saraswati yang memprakarsai UWRF21, sebuah even seni bergengsi yang telah diselenggarakan pada 8-17 Oktober lalu.

UWRF21 menghadirkan lebih dari 130 pembicara dan lebih dari 90 program hybrid dari mulai diskusi mendalam, pemutaran film, peluncuran buku, lokakarya, klub festival, jamuan makan spesial, serta pertunjukkan musik dan seni.

Media Coordinator, Tiara Mahardika menyatakan, meskipun acara utama sudah selesai digelar, UWRF21 masih mempunyai agenda untuk menyelenggarakan Satellite Events yang kali ini dikemas secara digital.

Ada tiga pembicara Festival, Satellite Events UWRF tahun ini sepenuhnya didukung oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat.

“Rangkaian acaranya sendiri akan berlangsung pada 19-22 Oktober,” sebut Tiara dalam keterangan tertulis, Rabu 20 Oktober 2021.

Satellite Events UWRF21 dimulai sesi Stories Within Stories with Ruth Ozeki yang diselenggarakan pada Selasa, (19/10/2021) pukul 20:00-21:00 WITA.

Penulis The Book of Form and Emptiness, Ruth Ozeki, akan membahas cara menavigasi berbagai elemen untuk menciptakan cerita kohesif yang menarik.

Bekerja sama Festival Sastra Banggai, sesi Bersama Ruth Ozeki ini akan dimoderatori oleh Baginda Muda Bangsa yang merupakan bagian dari komunitas sastra dari Sulawesi Tengah tersebut.

Selanjutnya, UWRF21 juga akan menggelar sesi Satellite Event yang menampilkan Ada Limón, penulis The Carrying, yang memenangkan National Book Critics Circle Award untuk kategori puisi.

Sesi bertajuk The Art of Poetry with Ada Limón ini bekerja sama dengan komunitas dari Flores Writers Festival dan Ruteng Nusa Tenggara, dan dijadwalkan pada Kamis, (21/10/2021) pukul 20:00-21:00 WITA.

“Dalam sesi tersebut, Ada Limón akan menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar esensi puisi dan bagaimana menyeimbangkan kata, gambar, cerita, tempo, dan ritme agar dapat menciptakan eksplorasi perasaan yang mendalam,” ungkapnya.

Satellite Events UWRF21 akan ditutup pada Jumat, (22/10/2021) pukul 19:00-20:00 WITA dengan sesi Writing Political History with Vincent Bevins.

Jurnalis dan koresponden pemenang penghargaan yang meliput Asia Tenggara untuk The Washington Post, Vincent Bevins, akan membahas jurnalisme sastra dan bagaimana ia menciptakan kisah yang mencekam dan kuat, mulai dari sejarah dunia hingga arsip dan wawancara, tentang masa penting dan mengganggu dalam sejarah Indonesia baru-baru ini.

Dalam sesi yang akan dimoderatori anggota komunitas Baca.Rasa.Dengar ini, para pesertanya mempunyai kesempatan untuk belajar menulis ulang sudut gelap sejarah dengan cara yang menarik dan bermakna.

Satellite Events UWRF merupakan wujud dari komitmen Yayasan Mudra Swari Saraswati untuk memberikan wadah bagi para pencinta sastra, seni, dan budaya di seluruh pelosok negeri. Tahun ini, semua sesi Satellite Events UWRF juga akan dihadiri oleh para peserta dari Universitas Katolik Soegijapranata dan Universitas Lambung Mangkurat. (zal)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*