Agar Tidak Mudah Dibobol, Begini Cara Buat Password yang Kuat

Maluku tenggara  – Banyak orang seringkali menganggap remeh sebuah password atau pin di dunia maya. Sehingga, mereka membuatnya dengan rangkaian huruf atau angka yang mudah untuk ditebak.
Dengan demikian, password atau pin tersebut jadi mudah untuk dibobol. Oleh sebab itu, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital, Wilayah Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku, Rabu, (8/9/2021), Dedy Triawan, CTO MEC Indonesia, memberikan tips atau langkah untuk bisa lebih menguatkan password atau pin di internet.
“Kalau misal password kita berisi 12 karakter, itu ada data yang menyebut bahwa hacker butuh 34 ribu tahun untuk bisa membobol,” kata Dedy Triawan.
Untuk itu, lanjut Dedy, ia meningatkan pentingnya membuat password yang sulit dan unik. Tapi, penting juga untuk selalu bisa menghapal password tersebut
“Jadi inilah pentingnya teman – teman untuk managing password yang baik, jadi unik itu belum tentu susah, kadang ada yang unik sampai diri sendiri susah dihapal,” kata dia.
“Jadi carilah yang akrab dan bisa dimodifikasi dengan huruf besar dan kecil dan spesial karakter.”
Ia melanjutkan bahwa untuk lebih menguatkan keamanan di akun, Dedy juga menyarankan dengan menggunakan verifikasi dua langkah. Dengan begitu, akan mempersulit orang yang ingin membobol.
“Lalu waspada dengan email dan perubahan password. Selain itu juga ganti password seara berkala, misal setiap enam bula, agar teman-teman juga engga kesulitan mengingat,” kata dia.
Selanjutnya, ia menyarankan untuk menggunakan pin untuk setiap gadget. Karena tidak ada yang tahu bahwa gadget itu nanti akan hilang atau digunakan orang tidak bertanggung jawab.
“Kemudian jangan berikan pin kepada siapapun. Intinya jangan pernah memberikan pin pada siapapun. Itu yang harus diwaspadai karena tidak tahu apa yang terjadi dengan PIN – PIN itu.
Dalam kesempatan yang sama Alex Iskandar, Managing Director IMFocus Digital Consultant, juga membagikan tentang web analyitc. Ia mengatakan bahwa dengan fitur itu pengguna bisa tahu, dan mengukur serta menganlisa, agar makin banyak yang mengunjungi website.
Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar ini juga menghadirkan Antonius Urbanus Walken, Kadis Kominfo Maluku Utara, dan Sondang Pratama sebagai Key Opinion Leader.
Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*