Ingin Bikin Konten Media Sosial yang Baik, Begini Tips dan Saran Pakar

Lombok Timur  -Jumlah pengguna media sosial di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Data terbaru mengungkapkan bahwa dari total populasi Indonesia sebanyak 274,9 juta jiwa, pengguna aktif media sosialnya mencapai 170 juta. 

Artinya, jumlah pengguna media sosial di Indonesia setara dengan 61,8 persen dari total populasi pada Januari 2021. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang menggunakan media sosial dengan tidak tepat. 

Padahal, menurut Whisnu Baker, Head of Digital Marketing Paragon Pictures, penggunaan media sosial jika dimanfaatkan secara tepat bisa menghasilkan uang. Salah satunya ialah dengan memahami digital marketing. 

“Setiap platform itu punya keunggulannya masing-masing, segmentasi penggunanya juga berbeda, kebiasaan mengkonsumsi informasinya juga berbeda. Oleh sebab itu pertama tentukan platform media sosial,” ujar Whisnu dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital wilayah Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Jumat, (3/5/2021). 

Langkah selanjutnya yang juga penting ialah dengan mengenal target audiens, Whisnu mengatakan dengan mengenal audiens, jadi tahu kebutuhan target followers yang sesuai niche. 

“Selanjutnya untuk bisa buat konten yang baik itu penting untuk memperhatikan relatable. Artinya bisa dipahai dan terhubung dengan banyak orang,” kata dia. 

Ia melanjutkan bahwa konten yang baik juga memiliki unsur informasi. Atau bisa memberikan informasi pengguna dan sehingga mau disebarluaskan oleh para followers. 

“Selanjutnya itu on trend. Konten yang baik itu mengikuti topik yang sedang hangat dibicarakan, tetapi tetap patuh dengan niche yang kita pilih,” kata dia. 

Terakhir, menuru Whisnu juga yang interaktif. Artinya konten tersebut bisa membangun komunikasi terjadi dua arah antara kita dengan followers. 

Dalam kesempatan yang sama Lead Creative & Marketing Strategy,  Gebryn Benjamin juga menyampaikan pentingya untuk bisa memahami internet sehat. Dengan begitu, dalam menggunakan internet atau media sosial akan menjadi lebih nyaman. 

Dalam kesempatan itu juga hadir, Nurhayati, QH, S.Pd / Kepala Sekolah MA-Mualimat Panjor Kab. lombok timur, dan Key Opinion Leader, Nata Gein. 

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*