Headlines

Danlanal Denpasar Pimpin Peringatan Hari Dharma Samudera

DENPASAR – Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) GB. Oka bertindak sebagai Inspektur Upacara peringatan hari Dharma Samudera di tahun 2018.

sebagai Komandan Upacara Kapten Laut (E) Sutamto Kasatkom Lanal Denpasar, yang diikuti oleh peserta upacara seluruh Perwira, Anggota Militer dan ASN bertempat di Lapangan Markas Komando (Mako) Pangakalan TNI AL Denpasar, Jalan Raya Sesetan No. 331 Denpasar Bali, Senin (15/01/2018).

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi dalam amanat dibacakan Danlanal menyampaikan, peringatan setiap tahun ini, hakikatnya merupakan bentuk penghormatan, sekaligus untuk mengenang peristiwa heroik yang terjadi di Laut Aru pada 56 tahun silam.

“Saat itu telah gugur para kusuma bangsa untuk mempertahankan wilayah kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Pada tanggal 15 Januari 1962 telah terjadi pertempuran laut Aru, dimana Komodor Yos Sudarso sebagi Senior Officer Present Afloat (SOPA) On Board di RI Matjan Tutul tertembak oleh kapal perang Belanda dan tenggelam, gugur bersama awak RI Matjan Tutul.

Pengorbanan para pahlawan tersebut telah menorehkan tinta emas dalam sejarah Nasional perjuangan bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, untuk mengenang peristiwa heroik tersebut pemimpin TNI Angkatan Laut menetapkan tanggal 15 januari sebagai hari Dharma Samudera.

Selanjutnya Kasal mengatakan, melalui upacara peringatan hari Dharma Samudera ini, diharapkan rasa hormat dan penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan samudera dapat terpelihara.

Di samping itu, peringatan ini hendaknya dijadikan momentum membangkitkan kembali tekad dan semangat agar tetap tegar dan pantang menyerah dalam mengahdapi berbagai tantangan

Juga, sekaligus dalam memantapkan nilai-nilai disiplin, hierarki dan kehormatan militer yang merupakan identitas diri prajurit matra laut.

Hadir dalam Upacara tersebut Palaksa Mayor Laut (P) Bambang Abdullah Basuki Rahmad, Perwira Staf, Anggota Militer dan ASN Mako Lanal Denpasar. Selesai pelaksanaan tabur bunga dilanjutkan dengan memanjatkan doa untuk para arwah pahlawan yang telah gugur mendahului kita. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *