Pahami Keuntungan Nabung Emas Online

Lombok utara  – Emas menjadi ladang investasi favorit karena dianggap lebih aman karena stabil, minim resiko, dan mudah dicairkan. Sofia Sari Dewi, Fashion Designer dan Digital Contenct Creator, mengatakan bahwa emas merupakan tempat paling aman untuk menyimpan uang. 

Investasi emas juga memiliki keuntungan seperti yang dipaparkan oleh Sofia. Pertama, tren harga emas berada di atas inflasi. Kedua, harganya cenderung paling stabil saat adanya resesi. Ketiga, mudah dicairkan dan bisa menjadi jaminan pegadaian. Keempat, tabungan emas secara online bisa dimulai dengan nilai yang kecil atau setara dengan Rp5 ribu.

“Risikonya relatif rendah dan cenderung lebih aman, karena nilainya tidak akan jatuh drastis dan juga naik secara drastis. Investasi emas digital juga mudah dipantau secara real time. Grafik harganya bisa dipantau melalui platform digital,” papar Sofia dalam Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Lombok Utara, NTB, Kamis (22/7/2021).

Di samping keuntungan, pasti ada kerugian. Dalam investasi emas, kerugiannya antara lain, return investasi tidak setinggi saham dan P2P Lending, serta belum bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat, terutama yang belum melek teknologi.

Dalam alurnya, investasi emas fisik dilakukan dengan membeli emas di toko emas, mencari penyimpanan atau safe deposit box di bank, proses jualnya juga sama seperti membeli. Dalam pembelian emas fisik, prosesnya lebih panjang dibandingkan dengan proses pembelian emas secara digital.

Layaknya jenis investasi lain, emas juga mengalami maik turun harga. Biasanya, naik turun harga emas dipengaruhi oleh ketidakpastian kondisi global, penawaran dan permintaan emas, kebijakan moneter Bank Sentral Amerika Serikay, inflasi, serta nilai tukar dolar Amerika Serikat.

“Perbedaan utama emas fisik dan online dibedakan menjadi tiga. Pertama, dari nilai pembeliannya, investasi fisik minimal pembeliannya 0,5 gram sedangkan emas online bisa dimulai dari Rp5 ribu. Kedua, waktu pembeliannya. Emas fisik tidak bisa dibeli jika toko tutup, tetapi emas digital bisa dibeli kapanpun. Ketiga, biaya penyimpanannya. Pada emas fisik tidak ada biaya, kecuali dititipkan ke bank. Sementara itu, pada emas digital, terdapat biaya penyimpanan Rp30 ribu per tahun,” jelas Sofia.

Agar aman dalam berinvestasi online, Sofia mengatakan bahwa kita harus memastikan platform aman, resmi, dan terdaftar di OJK, mengamankan nomor handphone untuk mengirimkan kode OTP, menggunakan jaringan seluler dan internet yang aman, membuat password yang rumit.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Lombok Utara, NTB, Kamis (22/7/2021) juga menghadirkan pembicara, I Nengah Mandri Wijaya (Guru Multimedia SMKN 1 Tanjung – Lombok Utara), Raden Sawingguh (Camat Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara), dan Fitriyani.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*