Headlines

Simak 6 Digital Skill Penting yang Harus Dimiliki Pengguna

Manggarai Timur  – digital menjadi salah satu kemampuan yang dibutuhkan oleh pengguna dunia digital. Dikatakan oleh Anggie Setia Ariningsih, CEO Fintech P2P Lending, setidaknya ada empat hal yang membuat literasi digital sangat penting.

Empat hal itu adalah membuat kita lebih lancar berkomunikasi, membuat kita memiliki kemampuan berpikir kritis, membuat kita lebih terkoneksi dengan banyak orang serta terakhir, membantu memecahkan masalah.

“Kita jadi lebih kritis kalau lihat berita, jadi gak langsung percaya dan harus cek lagi cek lagi. Selain itu juga membantu memecahkan masalah, itu jika internet digunakan dengan baik, kita bisa memecahkan masalah,” kata Anggie lebih lanjut.

Berbicara dalam agenda webinar Gerakan Nasional Literasi Digital wilayah Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, Rabu (18/8/2021), Anggie memaparkan bagaimana ada enam kemampuan digital atau digital skill yang paling dicari selama pandemi Covid-19.

Enam digital skill tersebut adalah design grafis, video editing, UI/UX Design, Digital Marketing, SEO dan menulis.

Lalu, apa saja dasar-dasar digital skill atau kemampuan digital yang perlu dimiliki oleh pengguna digital?

Kata Anggie, pertama-tama, pengguna media digital perlu memiliki keterampilan dasar digital. 

“Seperti harus mampu menggunakan teknologi paling dasar seperti browser, terhubung ke internet, dan pemahaman keamanan password,” tambahnya.

Kedua, pengguna harus memiliki kemampuan komunikasi. Hal tersebut dapat tercermin lewat kemahiran berkomunikasi lewat surel atau email, dan memiliki etika serta bijak bermain media sosial. Ketiga, lanjut Anggie, adalah kemampuan memahami informasi dan konten. “Memahami konsep semua informasi dan konten di internet belum tentu valid dan harus recheck dari banyak sumber.”

Keempat, pengguna digital juga harus memiliki kemampuan digital saat bertransaksi di internet. Kata Anggie, penting bagi pengguna untuk memiliki kemampuan menggunakan media digital saat bertransaksi pembayaran.

Kelima, Anggie mengatakan penting memiliki kemampuan penyelesaian masalah. Dan keenam, penting merasa nyaman dan aman di internet.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital wilayah Manggarai Timur, NTT juga dihadiri oleh narasumber lain yaitu Managing Director Alex Iskandar, penggiat di komunitas Ciko Leonardus Santosa dan Dafina Jamasir.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *