Usai ‘Upacara Mulang Pakelem’, Seorang Pendaki Gunung Agung Cedera

0

Korban bersama 181 orang pendaki naik lainnya ke Gunung Agung melalui jalur Pura Pasar Agung dalam rangka Upacara Mulang Pakelem pada pukul 01.00 Wita dini hari.

Karangasem- Seorang pendaki Gunung Agung di Kabupaten Karangasem Bali mengalami cedera kaki (terkilir) saat menuruni gunung usai mengikuti persembahyangan ‘Upacata Mulang Pakalem” sehingga langsung dievakuasi Tim Rescue pada Rabu, (20/10/2021)

“Salah satu rekan korban, melaporkan kejadian itu kepada Basarnas Bali sekira pukul 14.20 Wita,” ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar (Basarnas Bali), Gede Darmada dalam keterangan tertulis.

Disebutkan, ada 182 orang pendaki naik ke Gunung Agung melalui jalur Pura Pasar Agung dalam rangka Upacara Mulang Pakelem pada pukul 01.00 Wita dini hari.

“Namun saat hendak turun satu pendaki mengalami cedera kaki,” tuturnya Darmada

Atas kejadian itu, Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem memberangkatkan 6 orang Tim Rescue dan langsung bergabung bersama Tim SAR Gabungan pada pukul 15.50 Wita.

“Tim SAR Gabungan akhirnya menemukan posisi korban pada koordinat 8°21’41.05″ S – 115°30’16.05″ E di ketinggian 1962 Mdpl, kendati masih sulit berjalan Tim Recsue membantu dengan memapahnya dan selanjutnya dievakuasi turun” lanjut Darmada.

Korban berhasil dievakuasi sampai di bawah pukul 17.00 Wita, Selanjutnya dibawa menuju Puskesmas Desa Selat, menggunakan ambulance Puskesmas Selat.

Beberapa unsur SAR Gabungan yang terlibat dalam evakuasi tersebut diantaranya Basarnas Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem, Bhabinkamtibmas Desa Selat, Babinsa Desa Selat, RAPI, Pemandu Lokal, keluarga korban dan masyarakat lainnya. (zal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *