Wali Kota Rai Mantra Harapkan Partisipasi Masyarakat dalam Jaga Lingkungan

DENPASAR– Pameran Lingkungan yang digelar Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar serangkaian Hari Kebersihan Dunia dan sosialisasi rutin pengurangan kantong plastik digelar, Minggu (16/9) di Lapangan Parkir Utara Taman Kota Lumintang.

Kegiatan ini di buka secara resmi Walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra bersama Ketua TP PKK Denpasar Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Denpasar ditandai dengan pelepasan burung merpati.

Sebelum pembukaan, Rai Mantra meninjau kebersihan lingkungan areal Taman Kota Lumintang sembari peningkatan penataan Taman Kota Lumintang kedepannya.

“Seluruh OPD Pemkot Denpasar sangat berperan dalam menjaga kebersihan lingkungan yang juga diharapakan dari langkah partisipasi seluruh masyarakat Kota Denpasar untuk turut serta dalam mengedukasi menjaga kebersihan lingkungan,”ujar Rai Mantra.

Tidak saja menjadi tugas pokok dan fungsi dari DLHK Denpasar, namun juga menjadi sinergitas bersama seluruh OPD yang ada.

Seperti halnya dari Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Denpasar yang dapat menempatkan tenaga satuan tugas untuk memantau penataan dan kebersihan lingkungan areal taman kota lumintang yang berkoordinasi dengan DLHK Denpasar.

Semua dari sinergitas ini yang bermuara pada peningkatan kebersihan lingkungan dan kepariwisataan Denpasar yang tentunya berkaitan erat dengan citra lingkungan dan kesehatan masyarakatnya. “OPD sangat berperan dalam penanganan sampah organik dan anorganik dari hulu hingga hilir.

“Jadi selama berjalan sembari berolahraga di Taman Kota Lumintang tadi perlu ditekankan secara berkesinmabungan terkait tugas pokok dan fungsi masing-masing OPD dalam menjaga lingkungan,”ujar Rai Mantra.

Rai Mantra juga memberikan perhatian terkait keberadaan koperasi hijau yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menukarkan sampah organik dengan bahan pokok.

“Saya sudah mencoba melakukan penukaran kardus bekas di koperasi hijau dan mendapatkan kupon untuk ditukarkan dengan sabun mandi. Dari sampah dapat bermanfaat bagi diri sendiri,”ujar Rai Mantra.

Kepala DLHK Denpasar I Ketut Wisada mengatakan program ini sebagai gerakan bersama melibatkan partisipasi masyarakat hingga siswa sekolah dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Kegiatan yang dirangkai dalam menyambut hari kebersihan Dunia dengan sosialisasikan pengurangan kantong plastik, fashion show dengan bahan daur ulang, lomba mewarnai tingkat PAUD, lomba photography antara seka teruna, dan lomba yel-yel antar PKK di empat kecamatan. (zal)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*