Ini Macam-Macam Pekerjaan dan Bisnis Digital Menjanjikan di Masa Pandemi

Ĺembata  – Pandemi telah mengubah dunia sepertinya belum akan berakhir tapi kehidupan harus terus berlanjut. Karenanya beragam kegiatan saat ini beralih dari offline activity berubah menjadi online.

Termasuk aktivitas sekolah,  kantor meeting bisnis dan banyak sektor lainnya. Selain itu untuk berjualan pun saat ini lebih banyak beralih ke online karena menyesuaikan dengan pembatasan fisik agar virus corona segera bisa dikendalikan.

Menurut Alaika Abdullan, Virtual Assistant & Digital Content Creator dalam Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, Kamis 29 Juli 2021, pandemi ini menjadi pintu gerbang bisnis di dunia digital semakin lebar.

“Bisnis digital adalah suatu jenis bisnis jasa yang memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam menciptakan produk atau dalam memasarkannya. Semua jenis usaha yang menjual produk atau jasa secara online bisa berjualan produk di marketplace online atau aplikasi desain dan lain sebagainya,” ujar alaikan dalam webinar yang dipandu oleh moderator Eddie Bingky ini.

Dikatakan juga oleh Alaika kondisi ini bisa menjadi peluang untuk kita mendapatkan momennya karena saat ini kita fokus berada di rumah. Sehingga kita bisa melihat bisnis apa yang cocok dengan kita.

Ada beberapa ide berbisnis digital di masa pandemi. Salah satunya, bisnis kuliner. Di era digital, bisnis kuliner online tidak membutuhkan tempat atau resto. Cukup masak di rumah lalu promosikan jual masakan di whatsApp, marketplace, go-food, grabfood dan akun sosial media. 

“Untuk meminimalisir risiko bisa membuat open order dulu sehingga tahu persis berapa banyak makanan yang harus disediakan,” jelasnya.

Menurut Alaika ini adalah sebuah bisnis yang bisa dijalankan dengan baik dan memiliki potensi bagus akan menjadi bisnis yang besar dan berkelanjutan atau sustainable sehingga layak untuk dicoba.

Jasa kursus online juga bisa menjadi lahan bisnis bagus di masa pandemi. Kemajuan teknologi informasi telah menjangkau dunia pendidikan kursus online telah menjadi fenomena. Banyak orang yang berminat untuk belajar secara jarak jauh karena bisa menghemat waktu, ongkos, transportasi dan juga kemudahan dalam mengakses informasi

“Nah jika kamu punya keahlian khusus tertentu seperti desain public speaking digital marketing copywriting fotografi dan ilmu apapun yang menurutmu layak dijual maka ini adalah peluang bagus untuk hasilkan rupiah atau bahkan dolar. Tak harus dengan zoom, sebuah kursus online kini bisa dilakukan hanya dengan di dalam grup WhatsApp atau grup messanger yang lebih sederhana.”

Bisnis lain adalah, dropship yang memungkinkan menjual suatu produk tanpa harus memiliki, mengemas dan mengirim produk tersebut. Karena semua tugas itu dilakukan langsung oleh produsen atau penjual produk.

“Jika kamu memiliki produk yang ingin kamu jual kamu bisa bikin toko online sendiri atau bergabung di marketplace atau memulai berjualan online jangan lupa bekali diri dengan investasi ilmu bagaimana menjual produk,” katanya.

Untuk yang senang fotografi atau video juga bisa berjualan foto di situs online dan bisa menghasilkan rupiah bahkan dolar dari hobi yang satu ini. Stok foto kita yang layak jual akan menjadi produk penghasil uang jika kamu berjualan di situs penyedia foto berbayar.

“Jadi daripada swafoto lebih baik berdayakan kamera untuk foto yang bermutu untuk dijual. Bahkan fotomu bisa dibeli berkali-kali oleh orang yang berbeda,” bebernya.

Produk lain yang bisa dijual adalah jasa desain atau ilustrasi jika untuk pintar desain atau ahli ilustrasi yang bisa dijual di marketplace seperti etsy atau jualan di sosial media. “Jangan lupa sertakan contoh portofolio karya kamu agar bisa dilihat oleh orang banyak.

Selain itu ada juga jasa virtual atau Virtual Assistant. Banyak sekali cakupan pekerjaan yang bisa dikerjakan secara virtual oleh seorang Virtual Assistant biasanya meliputi pekerjaan kesekretariatan, general admin, content creator, grafik design, social media management, e-commerce proposal development, report developer dan masih banyak lagi

Untuk pekerjaan content creator artikel, audio atau video saat ini sangat berpotensi sebab pekerjaan yang satu ini menjadi salah satu kebutuhan banyak pihak mulai dari influencer, bisnis kecil hingga perusahaan besar.

“Jenis konten pun bervariasi mulai dari artikel di blog tulisan, email marketing, broadcast atau bentuk tulisan lainnya begitu juga untuk konten berupa audio dan video banyak sekali dibutuhkan dalam bisnis masa kini jadi segera take action dan arning money,” tandasnya.

Memanfaatkan ruang digital termasuk medsos ini menjadi bagian dari upaya kita membuat rekam jejak digital yang baik. Sebab amat penting menjaga rekam jejak digital positif karena bisa mempengaruhi masa depan kita terutama di bidang pekerjaan.

Selain Alaika juga hadir pembicara lain yaitu Sofia Sari Dewi, desainer dan pegiat literasi, Emanuel Boli, Penggiat Literasi Komunikasi Ngopi Milenial Kupang dan Chika Mailoa sebagai Key Opinion Leader. 

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*