Menpar Arief Yahya Buka Rakornas SMK Pariwisata di Bali

Badung – Menteri Pariwisata Arief Yahya membuka sekaligus sebagai keynote  speaker pada rapat koordinasi (rakornas) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata ke-4 yang berlangsung di Bali Nusa Dua Convention Center, Kamis, 22 Maret 2018.

Penyelenggaraan Rakor dengan mengangkat tema “Akselerasi Peningkatan Kualitas dan Daya Saing SMK Pariwisata ” tersebut dalam rangka mengembangkan kualitas dan daya saing lulusan SMK Pariwisata di pasar kerja.

“Hingga kini pekerja berpendidikan kejuruan hotel/pariwisata yang bekerja di industri akomodasi relatif masih rendah dibanding dengan pekerja berpendidikan kejuruan lainnya,” ujar Arief Yahya di acara pembukaan Rakornas di BNDCC.

Untuk itu, lanjut Arief, perlu dilakukan terobosan dengan mengoptimalkan fungsi LSP agar dapat menghasilkan lulusan SMK sesuai dengan standar kompetensi, juga mengembangkan pedoman magang pada industri pariwisata.

Rakornas ini digelar untuk meningkatkan kualitas dan daya saing bagi para siswa-siswi SMK Se-Indonesia.

Ini adalah kali ke-4 rapat koordinasi nasional SMK Pariwisata Se-Indonesia. Dalam lampiran Panitia yang disampaikan oleh Rusmi Handayani bahwa acara yang digelar dibuat untuk mengembangkan daya saing SMK Pariwisata dalam memajukan pariwisata, mendorong kerja sama SMK Pariwisata dengan asosiasi pariwisata, dan meningkatkan peran fungsi SMK dalam bidang pariwisata.

Dalam acara yang digelar, kurang lebih ada 288 SMK se-Indonesia yang menyandang status akreditasi A yang ikut dalam rapat koordinasi nasional tersebut. Rusmi Handayani.

 

Hadir dalam acara tersebut yakni, Menteri Pariwisata Arif Yahya, wakil ketua Komisi X DPR RI Ferdiansah dan pejabat negara lainnya.

Arief juga berharap kegiatan Rakornas ini dapat menghasilkan program kongrit untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK agar lebih banyak terserap di usaha pariwisata antara lain berupa skema peningkatan kompetensi guru maupun standar pelaksanaan sertifikasi kompetensi oleh LSP dan standarisasi pedoman magang pada industri pariwisata. (nil)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*