KKP Optimalkan Program Unggulan Pendayagunaan Pesisir dan Pulau Kecil

KKP akan melakukan sertipikasi terhadap 6 pulau kecil, membangun 4 dermaga apung untuk mendukung konektivitas pulau-pulau kecil/Dok. KKP

Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan mengoptimalkan beberapa program yang difokuskan pada pendayagunaan pesisir dan pulau-pulau kecil.

KKP akan melakukan sertipikasi terhadap 6 pulau kecil, membangun 4 dermaga apung untuk mendukung konektivitas pulau-pulau kecil.

Pada Tahun 2022 telah disiapkan anggaran sebesar Rp378 miliar selain untuk mengimplementasikan program unggulan juga untuk menjalankan program-program prioritas subsektor pengelolaan ruang laut lainnya.

KKP Siapkan 120 Kampung Nelayan Maju Dukung Ekonomi Biru

Menurut Plt. Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Pamuji Lestari dari target perolehan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) lewat proses persyaratan dasar perizinan berusaha untuk KKPRL sebesar Rp6 miliar di tahun 2022, diprediksi akan tercapai PNBP sebesar Rp50 miliar.

“Dalam penataan ruang laut, KKP menargetkan secara akumulatif 31 dokumen zonasi dapat rampung dan ditetapkan,” ujarnya dikutip dari keterangan tertulis Senin 10 Januari 2021.

Guna menjaga keberlanjutan ekosistem dan jenis ikan, KKP menargetkan 2 juta hektare penambahan luas kawasan konservasi yang ditetapkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan sehingga total penetapan oleh Menteri menjadi 15,8 juta hektare, dengan 13,8 juta hektare kawasan ditargetkan dikelola secara efektif. Untuk perlindungan jenis ikan, KKP siap mengelola 16 jenis ikan dilindungi.

KKP Gandeng TNI AD untuk Kembangkan Pelabuhan Perikanan Cilacap

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*