KKP Siapkan Strategi Pemanfaatan Kakap dan Kerapu

Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap tengah membahas strategi pemanfaatan (harvest strategy) perikanan kakap dan kerapu di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) 713./Dok. KKP

Jakarta– Penyusunan strategi pemanfaatan ikan kakap dan kerapu dilakukan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap agar stok perikanan kakap dan kerapu dapat dipulihkan secara bertahap dan mendukung sertifikasi ekolabel.

Direktur Pengelolaan Sumber Daya Ikan Ridwan Mulyana mengatakan diharapkan langkah ini, dapat mendukung upaya sertifikasi ekolabel yang mendorong nilai tambah produk perikanan kakap dan kerapu Indonesia.

Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap tengah membahas strategi pemanfaatan (harvest strategy) perikanan kakap dan kerapu di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) 713.

http://kabardenpasar.com/utama/kkp-optimalkan-program-unggulan-pendayagunaan-pesisir-dan-pulau-kecil/

Pembahasan ini dilakukan dalam konsultasi publik yang melibatkan berbagai pihak, di Semarang, Rabu 2 Maret lalu.

Kegiatan ini melibatkan, Panel Ilmiah Lembaga Pengelola Perikanan (LPP) WPPNRI 713, Panel Konsultatif LPP WPPNRI 713, para pelaku usaha perikanan kakap dan kerapu serta para mitra pendukung yaitu Yayasan Rekam Jejak Alam Nusantara, Yayasan Konservasi Alam Nusantara, Asosiasi Demersal Indonesia, dan Sustainable Fisheries Partnership.

“Kecenderungan permintaan pasar yang terus meningkat telah menyebabkan tekanan penangkapan terhadap sumber daya kakap dan kerapu yang semakin tinggi,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Minggu (6/3/2022).

http://kabardenpasar.com/ekonomi/brsdm-optimalkan-pengembangan-dan-penguatan-kapasitas-riset-dukung-prioritas-kkp/

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*