Pembukaan Dialog Nasional Keagamaan Dan Kebangsaan

Mataram – Sejumlah 70 orang peserta dari unsur Tokoh Agama, Ormas, Pemuda, Budaya, ASN yang berasal dari Jatim, Bali, NTB, NTT dan Sulawesi mengikuti Dialog Nasional Keagamaan dan Kebangsaan di Hotel Killa, Senggigi, Lombok Barat,Nusa Tenggara Barat, Senen ( 1/11/2021 )

Dialog Nasional Keagamaan dan Kebangsaan yang diadakan Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI mengambil thema ,” Pengarustamaan Moderasi Beragama Dalam Meneguhkan Islam Rahmatan Lil Alamin”

Dikatakan Ketua Panitia,sekaligus PLT Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, H. Ismail Fahmi bahwa latar belakang diadakannya dialog nasional adalah heterogenitas ,pluralitas di Indonesia yang sangat tinggi,bahkan paling tinggi di dunia. Baik karena kondisi geografi sebagai negara kepulauan yang menyebabkan kebiasaan, kultur,budaya ,etnis,bahasa berbeda ,maupun keberagaman beragama dari warga negaranya.

Heterogenitas dan pluralitas ini menjadi ancaman persatuan dan kesatuan jika tidak dikelola dengan baik dan bijaksana.

Salah satu upaya menjaga keberagaman ini adalah diinisiasinya Dialog Nasional Keagamaan dan Kebangsaan oleh Kemenag RI sebagai Leading Sektor yang diberi tanggung jawab menjaga kerukunan umat beragama, ungkap Ismail

Sementara Dirjen Bimas Islam, Prof. Dr.Phil Kamarudin Amin dalam sambutannya , mengapresiasi Panitia Nasional dan Daerah yang telah mengadakan kegiatan Dialog Nasional ini.
Dikatakan Prof. Kamarudin ,bahwa beragama harus benar, gembira, moderat,pleksibel. Jangan kaku dan dipersulit ,karena agama itu mudah dan membahagiakan. “Alloh menjadikan agama itu mudah, luas, pleksibel ,tidak sempit”.
” Agama itu fitrah, membahagiakan”. Berilah kabar baik,jangan sempit dan mempersulit ,jelasnya.

Dikatakan lebih lanjut,bahwa jika umat beragama baik,maka warga negara juga akan baik.

Tugas kita sebagai warga negara,lebih-lebih sebagai Pejabat, Tokoh Agama,Masyarakat , Pemuda,Budaya dan ASN Kemenag untuk mempelopori ,mengajak masyarakat dan menjadi duta moderasi beragama,tegas Prof. Kamarudin

Sebelumnya, Kakanwil Kemenag NTB, Dr. M. Zaidi Abdad sebagai tuan rumah,menyampaikan selamat datang kepada para peserta dialog nasional.
Sebagai tuan rumah kegiatan dialog nasional,M.Zaidi tidak lupa menyampaikan informasi tentang Nusa Tenggara Barat.

” NTB,khususnya Lombok adalah daerah yang indah,memiliki banyak destinasi yang sangat layak dikunjungi” . Apa lagi tidak lama lagi,Nusa Tenggara Barat, Lombok akan menjadi tuan rumah lomba balap Motor Internasional.

Nopember 2021 Sirkuit Mandalika Lombok akan menjadi ajang balap ATC ( Asian Talent Cup ) dan WSBK ( World Super Bike Kompetition ) ,dan maret 2022 Motor GP ,tutur Zaidi

Terakhir, Kakanwil menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan sebagai tuan rumah dialog nasional,dan sekaligus permohonan maaf kepada semua pihak,jika selama pelaksanaan kegiatan ada kekurangan, dan jangan lupa tetap menjalankan prokes Covid 19, 5 M , ungkap M. Zaidi Abdad

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*