Yuk Rasakan Manfaat Menabung Online

Manggarai Barat  -banyaknya platform market place, toko online dan e-commerce lainnya di dunia digital membuat para pengguna dimudahkan untuk berbelanja.

Apalagi dengan begitu banyaknya promosi dan diskon-diskon yang ditawarkan sejumlah barang ditambah lagi dengan mudahnya mendapatkan keuntungan gratis ongkos kirim, membuat keinginan belanja menjadi menggebu-gebu.

Godaan itu membuat banyak yang lupa diri dan berbelanja hanya karena barang promosi padahal belum tentu kita butuhkan. Memang saat mengeluarkan budget untuk barang-barang yang bisa membahagiakan hati kita itu sah-sah saja tapi jika harus merogoh kocek dalam-dalam atau menguras tabungan, bahaya juga untuk masa depan.

Seperti yang dikatakan oleh  Agus Jamiatul, General Manager TC Travest dalam Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Selasa 31 Agustus 2021.

Dikatakan Agus bahwa kemudahan berbelanja terkadang membuat keinginan melebihi yang kita butuhkan sehingga bisa menghamburkan uang bahkan bisa membuat tabugan terkuras.

“Jika suatu ketika kita dihadapkan pada pilihan ingin menabung sementara barang-brang di online shopping begitu menggoda, kalau saya sarankan pilihlah menabung karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada bapak-ibu bulan depan,” ujar Agus dalam webinar yang dipandu oleh Kika Ferdind ini.

Ia menambahkan, okelah bulan ini uang masih mencukupi sehingga bisa berbelanja sesuak hati, tetapi apakah bulan depan apa tahun depan financial kita masih tercukupi atau tidak, belum tentu.  Apakah roda kita masih di atas atau tidak, tidak ada yang tahu.  Oleh karena itu kita butuh dana cadangan untuk mengantisipasi hal-hal seperti itu.

Ia juga mengatakan bahwa manfaat menabung itu sangat luar biasa, karenanya penuhi dulu kebutuhan baru setelah itu keinginan. Di era sekarang menabung itu sangat bermanfaat dan online shopping juga bermanfaat tetapi dahulukan kebutuhan kita setelah itu baru keinginan karena jika kebutuhan kita terpenuhi akan membuat kita damai. Tapi saat keinginan kita ini terpenuhi tidak akan selesai akan ada terus.

Dijelaskannya juga bahwa menabung adalah menyisihkan sebagian uang yang anda miliki untuk disimpan. Dengan menabung kita menghemat pengeluaran supaya hidup tidak boros dan bisa mengatur keuangan dengan baik. Selain itu dengan menabung juga sama dengan merencanakan serta mempersiapkan hari depan dan bisa berinvestasi jangka panjang.

Ada beberapa jenis tabungan yaitu konvensional biasanya difasilitasi dengan buku tabungan, kartu ATM mobile banking atau SMS banking. Ada juga tabugan berjangka yang memiliki jangka waktu dan tidak bisa diambil kapan saja. Selain itu ada juga Giro yang dana itu penarikannya bisa melalui cek atau giro.

Yang juga tengah tren adalah tabungan investasi yaitu menabung jangka Panjang agar kita menabung untuk mendapatkan sesuatu di masa yang akan datang. Pun tabungan Haji untuk merencanakan kita untuk beribadah serta tabungan pendidikan bisa dipakai untuk merencanakan membayar SPP misalnya.

Selain Agus, pembicara lainnya yang turut berbagi wawasan literasi digital di webinar ini adalah Ody Waji, CEO Waji Travest, Marta Muslin, Expertise Tourism and Destination Development Solid Waste Management dan Putri Langi sebagai Key opinion Leader.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*