5 Tips Tetap Produktif dan Kreatif di Masa Pandemi, Cobain Yuk!

Jayapura Papua  – pandemi Covid-19 membuat mobilitas dan aktivitas luar ruangan masyarakat terbatas. Tidak sedikit pekerja yang terpaksa bekerja dari rumah alias work from home (WFH), yang bisa menyebabkan bosan dan malas.

Terkait hal ini, Jeni Karay Dosen Universitas Ottow & Geisler yang juga seorang konten kreator mengatakan, pandemi tidak seharusnya membuat seseorang menjadi malas dan tidak produktif.

“Justru ketika WFH kita harus lebih kreatif dan produktif. Karena kita yang pegang kendali, mau ngapain saja. Keleluasaan sepenuhnya ada di kita, tinggal kita yang mengendalikan diri mau mager atau mau kreatif,” tutur Jeni Karay, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021, wilayah Kota Jayapura, Papua, Selasa (31/8/2021).

Jeni mengatakan ada 5 tips yang bisa dicoba jika Anda ingin lebih kreatif dan produktif saat WFH di masa pandemi.

Langkah pertama dan yang paling penting dilakukan adalah menyingkirkan distraksi. Contohnya, dengan tidak meletakkan smartphone di meja, tidak membiarkan kamar berantakan atau amburadul.

“Niatnya mau berkarya, tapi notifikasi hape nyala terus. Tentu ini bisa mengganggu kita kan. Makanya kita harus tahu apa yang menjadi distraksi untuk kita, dan menguranginya,” papar perempuan yang juga merupakan co-founder Sehati Sebangsa Indonesia Foundation ini.

Langkah kedua adalah menjalankan hobi yang menyenangkan hati. Lebih banyak waktu di rumah bisa dimanfaatkan untuk mengeksplorasi kegemaran yang sebelumnya mungkin tak sempat Anda kerjakan.

Ketiga adalah pergi keluar. Memang di masa pandemi, ada pembatasan mobilitas dan aktivitas luar ruangan. Namun Jeni mengatakan hal ini bisa diakali dengan bekerja di halaman rumah misalnya.

“Atau jika PPKM sudah reda, bisa kunjungi hidden gem dan tempat menarik lainnya di kotamu,” ungkapnya.

Keempat, jangan ragu untuk membuat jadwal kegiatan. Salah satu dampak negatif WFH yang sering tidak disadari adalah jam kerja yang bocor alias melebihi waktu yang disarankan, yakni 8 jam.

“Kalau biasa mandi pagi, ya jangan karena WFH tidak mandi. Para wanita juga, berdandan saja, pakai baju rapi seperti mau ke kantor. Dengan begitu mood kita untuk kerja juga akan meningkat,” paparnya.

Terakhir adalah tetap melakukan aktivitas fisik. Jeni menyarankan bagi Anda yang sebelumnya tidak aktif dan jarang bergerak untuk memulai rutin olahraga.

“Yang paling gampang saja, jalan kaki atau jogging. Kalau senangnya bersepeda ya silakan. Yang penting kita melakukannya senang karena itu kunci menstimulasi daya kreatif dan imun kita,” tutupnya.

Dalam webinar hari ini hadir juga Nurul Amalia Digital Content Creator dan Forex Trader, Grace M. Moulina Head of Marketing Communications Financial Company, dam Nata Gein key opinion leader. 

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*