Ini Pentingnya Paham Digital Skill Selama Pandemi Covid-19

Lombok Tengah- Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung lebih dari satu tahun, membawa banyak perubahan dalam kehidupan. Pembatasan yang dilakukan untuk mengurangi virus corona, membuat banyak aktivitas kemudian beralih ke dunia digital. 

Situasi ini, mau tidak mau membuat banyak orang mesti beradaptasi dengan kebiasaan baru. Menurut data Small Bussinees Report by Facebook, OCEO, dan World Bank yang menerapkan survei ke hampir 30 ribu bisnis di 50 negera, 61 perseh usaha kecil menengah di Asia Pasifik telah melaporkan penurunan penjualan karena pandemi Covid-19. 

“Pandemi COvid-19 ini membatasi mobilitas, sehingga adanya perubahan besar di dunia teknologi yang mengedepankan teknologi digital,” kata Direktur Utama PT Andara Lintas Indonesia, Rio Mulyono, dalam  Webinar Literasi Digital wilayah Lombok tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat, (30/7/2021). 

Untuk itu, lanjut Rio, keterampilan digital sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya di sektor ekonomi seperti perdagangan, pemanfaatan teknologi digital juga digunakan di dunia pendidikan, kesehatan, dan lainnya. 

“Pentingnya digital skill itu kita jadi mengetahui dan memahami oenggunaan platform komunikasi digital seperti, Whatsapp, Messenger, Zoom, Microsoft Team, dan Telegram,” kata RIo. 

Dia melanjutkan dengan memiliki digital skill seorang jadi memahami cara menggunakan media sosial secara efektif. Dengan digital skill jguga menambah pengetahuan tentang digial marketing atau memasarkan produk atau jasa secara digital. 

“Kita juga jadi tahu pengetahuan mengenai transaksi digital,” kata dia. 

Lebih lanjut, dengan teknologi digital juga membawa banyak keuntungan bagi kehidupan, mulai dari aman, efisien, fleksibel dan jangakauan lebih luas. 

“Jadi mengurangi risiko tertular virus covid-19, karena tidak berinteraksi/bertemu langsung dengan orang lain,” kata Rio.

Dalam kesempatan yang Ketua STMIK Lombok Loteng, Khairul Imithan, juga menyampaikan terkait dengan keamanan digital. Ia menyampaikan bahwa hal ini penting agar terhindar dari berbagai kejahatan yang ada di internet dan media sosial. 

Dalam webinar ini juga hadir pembicara lain yaitu, Fakhrun Rozi, Kepala Lab TIK MA Darul Aminin NW Aikmual Lombok dan Sondang Pratama sebagai Key Oponion Leader. 

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*